Materi ajar rabu 8 september 2021

 

Materi Ajar: Rabu, 8 September 2021

Assalamualaikum sholeh sholehah 2B🤗

Pada Pembelajaran 3 dan 4 Tema 2 Subtema 4 Bermain di Tempat Wisata akan mempelajarai tentang menemukan dan mejelaskan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan bentuknya. Menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar menggunakan ejaan (EYD). Mengidentifikasi cara menggunakan bahan alami dan alat untuk membuat karya hiasan kotak tisu. Membuat karya hiasan kotak tisu dengan bahan alami. Menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian. Membagi berturutturut tiga bilangan. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.


Liburan dilanjutkan menuju Taman Kota.

Beni bermain ayunan di Taman Kota.

Ayo Mengamati
Amati gambar berikut dengan cermat!
Bermain AYunan
Apa yang sedang mereka lakukan pada gambar di atas?
Mereka sednag bermain ayunan.
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut ini dengan lafal dan intonasi yang tepat!

Bermain di Taman Kota
Liburan dilanjutkan menuju Taman Kota.

Di Taman Kota sangat banyak permainan.

Salah satunya ayunan.

Beni bersama teman-temannya main di Taman Kota.

Di Taman Kota ada empat ayunan yang berdekatan.

Di ayunan yang berdekatan, terdapat empat siswa yang bermain mainan.

Dari kanan ke kiri ada Lani, Siti, Beni, dan Udin yang duduk di ayunan.

Di belakang Lani, berdiri Dayu untuk mengayunkan.

Di belakang Siti, berdiri Mey untuk mengayunkan.

Di belakang Beni, berdiri Edo untuk mengayunkan.

Di belakang Udin, berdiri teman laki-laki lainnya untuk mengayunkan.

Mereka bermain ayunan dengan hati-hati.

Teman yang berada di belakang, mendorong ayunan dengan perlahan.

Setelah beberapa menit dari waktu yang telah ditentukan, mereka bergantian bermain ayunan

Ayo Menulis
Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi teks percakapan!

Diskusikan dengan temanmu.

1. Apa yang dilakukan Beni?
Bermain perosotan.
2. Siapa yang berada di dalam kolam bola?
Udin dan Lani.
3. Bagaimana perasaan anak-anak saat bermain perosotan?
Sangat senang.
4. Siapa yang bersiap-siap melakukan perosotan?
Edo dan Siti.
5. Apa saja benda yang ada pada permainan?
Bola berwarna-warni, perosotan, tangga, dan tali.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan temanmu makna kata berikut!
No.KataMaknanya
1.tamantempat yang menyenangkan
2.kotadaerah permukiman
3.ayunanmainan untuk berayun-ayun

Ayo Mengamati
Perhatikan gambar di bawah dengan cermat!
Macam Benda
Ceritakanlah ciri-ciri benda pada gambar di atas!
1. Benda pertama merupakan bola. Bola terbuat dari plastik. Bola berbentuk bulat. Bola bisa memantul jika dilemparkan. 

 2. Benda kedua merupakan perosotan. 
Perosotan berbentuk memanjang dan landai dari atas ke bawah. Permukaan perosotan licin sehingga bisa meluncur jika duduk di atasnya. 

 3. Benda ketiga merupakan jaring. 
Jaring terbuat dari satuan tali. Jaring berupa rajutan tali yang membentuk mata jalan.

4. Benda keempat merupakan tangga. 
Tangga berbentuk lurus dan berjenjang dari bawah hingga ke atas atau sebaliknya. Tangga bisa digunakan untuk mendaki atau menurun.

Perhatikan gambar di bawah dengan cermat!

Kelompokkanlah benda berikut dengan memberikan tanda centang (✔) pada gambar yang merupakan benda padat!

Benda Padat



Tugas

Kerjakanlah soal berikut dengan menuliskan jawabannya di buku tulismu!
1. Usai bermain di Taman Kota, 50 siswa kembali ke bus masing-masing. Jika ada 5 bus yang muatannya sama banyak, berapakah banyak penumpang setiap bus?

2. Hitunglah hasil dari pembagian 32 : 4 = ....

3. Buatlah satu kalimat menggunakan kata “taman”!

4. Dari teks cerita “Bermain di Taman Kota”, siapa saja yang duduk di ayunan?

5. Amatilah benda yang ada di sekitarmu! Coba kalian sebutkan ciri-ciri dari benda tersebut!
Misalnya: jam dinding
Ciri-cirinya berbentuk bulat, di dalamnya ada angka-angka, berfungsi untuk menunjukkan waktu, 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bilangan pecahan

Materi ajar Kamis 25 maret 2021