KEHIDUPAN KITA DI DUNIA INI BAGAI RODA YANG BERPUTAR. ADA KALANYA KITA BERADA DI ATAS DAN ADA KALANYA KITA BERADA DI BAWAH. JIKA KITA INGIN BAHAGIA, INGATLAH ALLAH TA'ALA.
MATERI AJAR, KAMIS 21 APRIL 2022
Dapatkan link
Facebook
X
Pinterest
Email
Aplikasi Lainnya
Materi Ajar: Kamis, 21 April 2022
Kelas/ Semester : 2/ 2
Tema 8 : Keselamatan diRumah dan Perjalanan.
Subtema 3: Aturan Keselamatan di Perjalananan.
Pembelajaran : 1
Oke Ibu guru persilahkan untuk anak-anak sholeh dan sholeha mempersiapkan alat-alat untuk belajar hari ini, namun sebelum itu jangan lupa mandi terlebih dahulu ya. Selanjutnya silahkan simak tausiyah, murojaah, serta sholat dhuha ya sayang baru kita akan mulai pembelajaran kita hari ini. Tetap semangat puasanya semoga puasa kita semua menjadi ladang pahala. Aamiin
Pada Pembelajaran 1 Tema 8 Subtema 3 Aturan Keselamatan di Perjalanan akan mempelajari tentang membaca, menulis, membacakan, menemukan teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan), menentukan konversi satuan waktu, menyajikan hasil pemecahan masalah sehari-hari tentang satuan waktu, mengidentifikasi ciri-ciri, bahan, dan cara menggunakan karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami, mengidentifikasi langkah-langkah dan cara membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Hari Minggu, Udin dan teman-teman berlibur ke Pantai Ancol.
Mereka berangkat menggunakan bus pariwisata.
Berlibur ke pantai ada aturannya.
Ayo Mengamati
Amati gambar di bawah dengan teliti!
Ibu Guru
:
Dengarkan aturan yang ibu sampaikan ya, Nak! Anak-anak harus mematuhi aturan perjalanan kita. Ada yang tahu, mengapa kita harus patuh pada aturan?
Udin
:
Tahu, Bu. Agar kita selamat dalam perjalanan. Selanjutnya, selamat pula kembali ke rumah masing-masing.
Ibu Guru
:
Hebat anak ibu. Jadi, kita harus patuh pada aturan perjalanan kita ya, Nak!
Siswa
:
Iya, Bu!
Apa isi percakapan pada halaman sebelumnya?
Isi percakapan tersebut adalah tentang mematuhi aturan keselamatan di perjalanan.
Mengapa kita harus patuh pada aturan?
Kita harus mematuhi aturan agar selamat dalam perjalanan dan selamat pula kembali ke rumah.
Apa yang akan terjadi jika kita tidak patuh pada aturan?
Jika kita tidak patuh pada peraturan maka dapat membahayakan keselamatan.
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Aturan Keselamatan dalam Bus
Melakukan perjalanan dengan bus ada aturannya. Aturan dibuat ada gunanya. Dengan mematuhi aturan, kita akan selamat dalam perjalanan. Tidak hanya itu, kita juga akan dapat menikmati perjalanan dengan baik. Kita akan merasa aman dan nyaman dalam perjalanan.
Ada beberapa aturan yang harus kita patuhi ketika melakukan perjalanan dengan bus, antara lain naik ke dalam bus dengan tertib, duduk di kursi masing-masing dengan baik, tidak mengeluarkan anggota badan melalui jendela, dan berdoa kepada Tuhan sebelum berangkat. Setiap melakukan perjalanan dengan bus, kita harus mematuhi aturan tersebut dengan baik.
Apa isi teks di atas?
Isi teks di atas adalah tentang peraturan keselamatan di bus beserta pentingnya mematuhi aturan tersebut.
Apa saja aturan ketika melakukan perjalanan dengan bus?
Beberapa aturan ketika melakukan perjalanan dengan bus antara lain
Naik ke dalam bus dengan tertib,
Duduk di kursi masing-masing dengan baik,
Tidak mengeluarkan anggota badan melalui jendela,
Berdoa kepada Tuhan sebelum berangkat.
Ayo Mengamati
Bacalah kembali teks “Aturan Keselamatan dalam Bus” dengan teliti!
Masih ingatkah kamu aturan penggunaan huruf kapital?
Huruf kapital digunakan untuk menulis nama Tuhan.
Bacalah beberapa kalimat berikut dengan nyaring!
Kita harus berdoa kepada Tuhan sebelum berangkat.
Kesehatan yang kita miliki merupakan anugerah Yang Mahapengasih.
Udara yang kita hirup merupakan anugerah Yang Mahakuasa.
Ayo Berlatih
Tulislah 5 kalimat sederhana dengan mengikuti aturan penggunaan huruf kapital!
Tuliskan pada kolom di bawah ini!
Edo berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Sebelum belajar Siti berdoa kepada Tuhan.
Sebelum melakukan perjalanan anak-anak berdoa kepada Tuhan.
Matahari terbit dan tenggelam karena Tuhan Yang Mahakuasa.
Setiap hari kita berdoa kepada Tuhan.
Sekarang, coba bacakan kalimat yang telah kamu tulis dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Ayo Mengamati
Masih ingatkah kamu hari apa Udin dan teman-teman berlibur ke Pantai?
Amatilah gambar kalender berikut dengan teliti!
Tahukah kamu berapa hari dalam 1 minggu? 1 minggu = 7 hari yaitu: Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu.
Ayo Berlatih
Kerjakanlah latihan berikut dengan teliti!
1. Udin dan keluarga berlibur ke rumah nenek selama 4 minggu.
Berapa harikah Udin dan keluarga berlibur ke rumah nenek?
Jawab: 4 x 7 hari = 28 hari
2. Udin dan teman-teman berlibur ke luar kota selama 2 minggu.
Berapa harikah Udin dan teman-teman berlibur ke luar kota?
Jawab: 2 x 7 hari = 14 hari
3. Udin dan teman-teman akan mengikuti lomba menyanyi.
Mereka mengadakan latihan selama 5 minggu.
Berapa harikah Udin dan teman-teman mengadakan latihan menyanyi?
Jawab: 5 x 7 hari = 35 hari
4. Udin dan teman-teman akan mengikuti lomba menari.
Mereka mengadakan latihan menari selama 3 minggu.
Berapa harikah Udin dan teman-teman berlatih menari?
Jawab: 3 x 7 hari = 21 hari
5. Sekolah Udin akan mengikuti lomba Adiwiyata.
Mereka melakukan persiapan menjelang lomba selama 6 Minggu.
Berapa harikah sekolah Udin melakukan persiapan menjelang lomba?
Jawab: 6 x 7 hari = 42 hari
Simak Video Hubungan Antar Satuan Waktu berikut ini !
Ayo Berkreasi
Udin dan teman-teman tiba di pantai.
Mereka mencari kerang kecil.
Kerang kecil merupakan hasil sumber daya alam.
Kerang kecil dapat dibuat menjadi karya kerajinan.
Mengenal Pecahan Ibu membeli satu buah pizza, kemudian pizza tersebut dipotong menjadi 4 bagian yang sama untuk dibagikan kepada empat anaknya. Berapa bagian untuk masing-masing anak ? Perhatikan gambar ilustrasi di bawah ini ! Penjelasannya sebagai berikut : Sebuah pizza mula-mula utuh, kemudian dipotong atau dibagi menjadi dua bagian yang sama. Perhatikan pula dua bagian pizza yang sudah dipotong, satu bagian dari pizza yang dipotong tersebut disebut “ satu per dua ” atau “ seperdua ” atau “ setengah ” dan ditulis “ ½ ”. Sedangkan jika kedua bagian potongan dari pizza tersebut dipotong lagi menjadi dua, maka dari sebuah pizza tersebut akan diperoleh empat bagian pizza yang sama. Satu bagian pizza dari empat bagian yang sama itu disebut “ satu per empat ” atau “ seperempat ” dan ditulis “ ¼ ” . Jadi jawaban dari pertanyaan diatas adalah setiap anak mendapat pizza ¼ bagian. Dari penjelasan di atas kita menemukan bilangan ½ dan ¼. Kedua bilangan itulah...
Materi Ajar: Kamis, 25 Maret 2021 Hari/ tanggal : Kamis, 25 Maret 2021 Kelas : 2 Tema : 7 Kebersamaan Subtema : 3 Kebersamaan di tempat bermain Pembelajaran : 4 dan 5 Tujuan Pembelajaran Dengan mengamati gambar kegiatan bermain di halaman yang disajikan, siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kebersamaan. Dengan mencermati informasi permainan kesukaan dari teman. Dengan mendiskusikan sikap terhadap teman yang memiliki perbedaan permainan kesukaan. Dengan mengamati teks dongeng untuk menemukan kata sapaan dalam dongeng. Dengan mengamati gambar perilaku siswa, siswa memahami perilaku toleransi antar teman. Dengan mengamati gambar semut untuk menentukan nilai pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat. Kompetensi Dasar PKn 3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah....
Kisi-kisi STS Bahasa Indonesia Assalamu'alaikum anak solih dan solihah... Alhamdulillah.. Tidak terasa esok hari anak-anak baik Ibu Guru akan melaksanakan Sumatif Tengan Semester Genap ya Nak... Apakah anak-anak Ibu Guru sudah siap untuk menghadapi STS esok hari? Sudah belajarkah di rumah? Sudah berdoa secara maksimal kepada Allah? Alhamdulillah... Untuk lebih memaksimalkan usaha kalian dalam menghadapi STS esok pagi, silahkan anak-anak menyimak kisi-kisi berikut ini ya sayang... Kisi-Kisi STS Bahasa Indonesia 1. Kata Ajaib. 2. Fungsi Tanda Koma. 3. Rima pada Pantun. 4. Informasi pada Narasi Imajinatif. 5. Menyusun gambar acak menjadi sebuah cerita. 6. Pesan dalam pantun. 7. Kalimat yang terdiri dari atas kombinasi KV, KVK, KKV, dan KVKK yang sering ditemui. 8. Perbedaan diri dan teman. 9. Mengategorikan frasa dari informasi pada pengatur grafis sederhana. 10. Nama-nama pekerjaan. 11. Melengkapi pantun. Semangat belajar ya Nak.. Semoga Allah memaksimalkan hasil...
Komentar
Posting Komentar