SENIN, 10 APRIL 2023
MATERI AJAR
Hari/ Tanggal : Senin, 10 April 2023
Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Subtema 1 : Aturan Keselamatan di Rumah
Pembelajaran : 1 dan 2
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah, pada hari ini kita masuk ke tema terakhir di semester genap ya Nak… Yaitu Tema 8 mengenai Keselamatan di Rumah maupun Perjalanan.
Dan pada Minggu ini, kalian akan mempelajari Subtema 1 yaitu Aturan Keselamatan di Rumah.
Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Baik, kita akan mempelajari pembelajaran 1 dan 2. Dimana, pada pembelajaran hari ini bertujuan nantinya kalian setelah mempelajari materi hari ini, kalian dapat mengenal, membaca dan menentukan satuan baku untuk mengukur dan menentukan waktu dengan benar. Kalian juga dapat membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan lafal dan intonasi yang tepat, serta kalian dapat menunjukkan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan tepat.
Aturan Keselamatan di Rumah
Udin anak yang patuh pada aturan. Ia selalu mematuhi aturan di setiap tempat. Udin selalu mematuhi aturan di rumah. Ia juga selalu mematuhi aturan di perjalanan.
Amati gambar di bawah dengan teliti!
Aturan setiap kegiatan di rumah perlu diperhatikan. Aturan berguna untuk keselamatan diri dan keluarga. Udin dan keluarga melakukan setiap kegiatan sesuai aturan.
Amati gambar di bawah ini dengan teliti!
Udin melakukan setiap kegiatan dengan hati-hati. Sikap hati-hati merupakan salah satu contoh aturan keselamatan.
Udin anak yang taat pada aturan. Setiap melakukan kegiatan selalu diatur menggunakan jadwal. Setiap kegiatan dilakukan dengan tepat waktu.
Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut dengan teliti!
Pukul berapa Udin sarapan pagi?
Pukul berapa Udin berangkat sekolah? P
ukul berapa Udin pulang sekolah?
Perhatikan gambar jam di bawah ini!
Bacalah pukul berapa yang ditunjukkan oleh jarum jam berikut!
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Aturan Ketika Sarapan Pagi
Sarapan pagi ada aturannya. Aturan itu berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.
Kesehatan tubuh sangat penting. Tubuh yang sehat akan terhindar dari penyakit.
Penyakit yang muncul disebabkan sering lalai dengan aturan.
Oleh sebab itu, aturan ketika sarapan pagi harus dipatuhi.
Aturan ketika sarapan pagi yang harus dipatuhi antara lain:
1. mencuci tangan sebelum makan hingga bersih,
2. duduk dengan posisi yang benar,
3. mengambil makan dan minum dengan tertib,
4. berdoa kepada Tuhan sesuai ajaran agama yang dianut,
5. makan pelan-pelan dan tidak terburu-buru,
6. tidak berbicara ketika makan,
7. setelah makan, mencuci tangan hingga bersih,
8. setelah makan, berdoa kepada Tuhan sesuai ajaran agama yang dianut.
Apa isi teks yang telah kamu baca pada halaman sebelumnya?
Apa kesimpulanmu terhadap isi teks pada halaman sebelumnya?
Coba baca kembali teks “Aturan Ketika Sarapan Pagi” dengan teliti!
Setiap kata “Tuhan” selalu ditulis dengan huruf besar.
Huruf besar disebutkan juga dengan huruf kapital.
Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini!
1. Berdoa kepada Tuhan sesuai ajaran agama yang dianut.
2. Setelah makan, berdoa kepada Tuhan sesuai ajaran agama yang dianut.
Huruf kapital juga dipakai sebagai huruf pertama kata ganti Tuhan.
Kata ganti Tuhan yang sering digunakan, misalnya:
1. Yang Maha Esa,
2. Yang Mahakuasa,
3. Yang Mahabesar,
4. Yang Maha Pengasih,
5. Yang Maha Penyayang, dan sebagainya.
Ayo Menulis
Tuliskan lima kalimat menggunakan kata ganti Tuhan di bawah ini dengan benar!
Tuliskan kalimat tersebut pada kolom berikut!
Ayo Bernyanyi
Masih ingatkah kamu apa yang dilakukan sebelum makan? Kita harus berdoa sebelum makan. Tujuan berdoa sebagai wujud syukur kepada Tuhan. Bersyukur kepada Tuhan dapat diungkapkan melalui lagu. Misalnya, lagu “Terima Kasih, Ya Tuhan”. Lagu dapat dinyanyikan dengan tekanan nada kuat dan nada lemah. Dengarkan penjelasan gurumu terlebih dahulu!
Sudah tahukah kamu tekanan nada kuat dan nada lemah pada lagu?
Perhatikan tanda berikut!
Tanda “ > ” berarti tekanan nada dari kuat perlahan-lahan melemah.
Tanda “ < ” berarti tekanan nada lemah.
Pada lagu berbirama 2/4, secara alami tekanan kuat terdapat pada ketukan pertama.
Sedangkan tekanan lemah terdapat pada ketukan kedua.
Nyanyikan lagu “Terima Kasih, Ya Tuhan” mengikuti petunjuk berikut!
• Perhatikan tekanan nada kuat dan nada lemah pada lagu!
• Nyanyikan lagu secara berulang sesuai dengan tekanan nada kuat dan nada lemah pada lagu.
• Jika telah mahir, iringi lagu dengan tepukan mengikuti pola tertentu.
• Gunakan alat musik ritmis dalam mengiringi lagu.
• Jika alat musik ritmis tidak ada, dapat kamu iringi dengan bertepuk tangan.
Udin, Edo, Beni, Siti, Dayu, Meli, dan Lani akan bermain menirukan bagaimana cara binatang berjalan.
Mereka akan bermain di halaman rumah Udin.
Akan tetapi, halaman rumah Udin masih kotor.
Halaman rumah Udin perlu dibersihkan.
Ayo Mengamati
Amatilah halaman rumah Udin.
Apakah kamu dapat menemukan benda-benda yang dapat membahayakan diri?
Setelah dibersihkan.
Halaman rumah terlihat bersih dan aman untuk bermain.
Ayo Membaca
Udin dan teman-teman mulai bermain menirukan gerakan binatang berjalan.
Permainan ini dapat dilakukan di darat atau di air.
Misalnya, di kolam atau di sungai yang bersih di sekitarmu.
Menirukan gerakan binatang berjalan berguna untuk melatih otot-otot kaki agar tidak kaku.
Bacalah petunjuk bermain menirukan gerakan binatang berjalan berikut dengan nyaring!
Aturan Bermain Menirukan Gerakan Binatang Berjalan di Air
Bermain “Menirukan Gerakan Binatang Berjalan di Air” dilakukan secara berkelompok.
Semakin banyak anak, akan semakin seru. Mengingat permainan ini dilakukan di air, setiap anak harus berhati-hati.
Permainan ini juga harus dalam pengawasan guru atau orang dewasa. Awali dengan hom pim pa.
Anak-anak yang menang, akan berdiri membentuk lingkaran. Anak yang kalah akan berada di tengah lingkaran.
Awali dengan hom pim pa. Anak-anak yang menang, akan berdiri membentuk lingkaran. Anak yang kalah akan berada di tengah lingkaran.
Anak tersebut akan bernyanyi “ikuti ... ikuti ... aku ...” sambil anak menirukan gaya seekor binatang.
Misalnya monyet berjalan. Anak-anak yang lain menirukan berjalan keliling seperti monyet.
Setelah berjalan keliling satu putaran, anak yang berada di tengah berteriak menyebutkan nama seorang teman. Anak yang disebut namanya segera maju.
Dia juga bernyanyi "ikuti ... ikuti ... aku ..." sambil memeragakan gerakan jalan seekor binatang.
Binatang yang ditirukan tidak boleh sama. Begitu seterusnya.
Jika anak yang ditunjuk tidak dapat menirukan gerakan binatang berjalan, anak tersebut akan kalah.
Dia akan mendapat hukuman. Hukumannya menyanyi sambil menari.
Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar bermain menirukan bagaimana cara binatang berjalan di air berikut!
Lakukan bermain menirukan gerakan binatang berjalan di air secara berkelompok!
Anak yang kalah harus sportif dan bersedia menerima hukuman permainan. Hukumannya menyanyi sambil menari.
Ayo Mengamati
Perhatikan kembali gambar Udin dan temanteman ketika bermain. Udin dan teman-teman berbeda agama. Mereka selalu hidup rukun walaupun berbeda agama. Mereka menunjukkan sikap persatuan dalam keberagaman. Sikap mereka pantas untuk ditiru. Tahukah kamu contoh kegiatan bermain lainnya yang membutuhkan persatuan?
Tuliskan contoh kegiatan bermain yang pernah kamu lakukan yang menunjukkan persatuan!
Masih ingatkah kamu penggunaan huruf kapital?
Huruf kapital dikatakan juga sebagai huruf besar.
Perhatikan penggunaan huruf kapital pada kalimat-kalimat berikut!
Aku, Edo, Beni, Siti, Dayu, Meli, dan Lani akan bermain menirukan gerakan binatang berjalan di air.
Kata Edo, Beni, Siti, Dayu, Meli, dan Lani selalu diawali dengan huruf kapital atau huruf besar.
Setiap awal kata nama orang harus ditulis dengan huruf kapital.
Ayo Berdiskusi
Susunlah kata-kata berikut menjadi sebuah kalimat yang utuh! Diskusikan bersama temanmu!
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Komentar
Posting Komentar