Materi ajar Bahasa Indonesia, 22 juli 2024
Hari dan Tanggal : Senin 22 Juli 2024
Fase / Kelas : A / 2
Bab /Tema : 1 /Mengenal Perasaan
Materi Pembelajaran : Mengenal Berbagai Jenis Perasaan dan Penyebabnya
Assalamualaikum anak-anak Sholih dan sholihah...
Bagaimana kabarnya pada pagi hari ini?
Apakah ananda sudah bersemangat, untuk memulai awal masuk sekolah di tahun ajaran baru? ☺️
Alhamdulillah..
· Ajaklah peserta didik mengamati gambar di halaman ini.
· Tanyakan kepada peserta didik tentang jumlah anak dalam gambar dan kegiatan yang sedang mereka lakukan.
· Tanyakan kepada peserta didik tentang nama-nama perasaan yang terlihat pada gambar (tahu atau tidak tahu).
· Tanyakan kepada peserta didik tentang penyebab dari perasaan yang dialami anak-anak pada gambar tersebut.
Dampingi peserta didik saat membaca nama-nama perasaan yang ada di halaman ini.
Minta peserta didik menjelaskan definisi perasaan-perasaan tersebut.
Kemudian, jelaskan definisi kata-kata berikut berdasarkan KBBI kepada peserta didik:
senang : puas dan lega, tanpa rasa susah dan kecewa, berbahagia, gembira
takut : merasa gentar (ngeri) menghadapi sesuatu yang dianggap akan mendatangkan bencana; tidak berani, khawatir
sedih : merasa sangat pilu dalam hati; susah hati
marah : sangat tidak senang; berang; gusar
kaget : terkejut
malu : segan melakukan sesuatu karena agak takut
bangga : besar hati karena mempunyai keunggulan
sedih : merasa sangat pilu dalam hati; susah hati
marah : sangat tidak senang; berang; gusar
kaget : terkejut
malu : segan melakukan sesuatu karena agak takut
bangga : besar hati karena mempunyai keunggulan
· Ajak peserta didik untuk mengamati gambar sekali lagi.
· Minta peserta didik untuk menjelaskan mimik tiap-tiap perasaan.
· Minta peserta didik berpasangan untuk berlatih tanya-jawab.
· Ajaklah peserta didik untuk mengingat pengalaman masing-masing.
· Apakah peserta didik pernah merasa senang, kaget, malu, atau bangga?
· Apakah peserta didik ingat apa yang menyebabkan munculnya perasaan itu?
· Mintalah peserta didik untuk memilih dua perasaan saja.
· Kemudian, minta peserta didik untuk menyampaikan pengalaman masing-masing di depan kelas.
· Ajaklah para peserta didik untuk bermain “Perasaanku Hari Ini”.
· Mintalah mereka membentuk lingkaran besar. Sesuaikan jumlah pemain dengan ruang yang tersedia.
· Sebutkan kalimat “Hari ini aku merasa ….”.
· Jika Anda menyebutkan kata “sedih”, peserta didik harus menunjukkan wajah sedih. Variasikan permainan ini. Peserta didik boleh menunjukkan bahasa tubuh yang lain. Misalnya menutup wajah untuk menunjukkan “sedih” atau mengentakkan kaki untuk menunjukkan “marah”.
· Sebutkan juga nama-nama perasaan yang lain.
· Mainkan permainan ini selama 5 menit.
Jelaskan arti kosakata baru kepada peserta didik.
Kunci Jawaban
1. Pindah
2. Berpisah
· Minta para peserta didik untuk mengerjakan soal latihan agar mereka memahami makna kosakata baru.
· Bacakan puisi “Sampai Jumpa” sekali lagi.
· Kemudian, mintalah peserta didik menuliskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tentang puisi di buku tulis masing-masing.
Kunci Jawaban
1. Ia pindah rumah
2. Kota Jakarta
3. Kawannya
4. Tiga tahun
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Komentar
Posting Komentar