Materi ajar 24 April 2025
Materi Ajar: Kamis, 24 April 2025
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi : Sayang Lingkungan
CP :
Menyimak § Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
Membaca dan Memirsa § Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi. Berbicara dan Mempresentasikan · Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan. Menulis · Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari. |
TP :
§ Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalam gambar.
§ Melalui menulis, peserta didik dapat mengategorikan kata kunci dari gambar (jenis sampah) pada pengatur grafis sederhana.
§ Melalui memeragakan percakapan, peserta didik dapat berbicara sopan menggunakan kalimat imbauan dan ajakan.
§ Melalui menuliskan rencana, peserta didik dapat mempresentasikan rencana pembuatan perabot dari bahan eco brick dengan suara yang jelas dan penekanan intonasi
· Ingatkan para peserta didik bahwa pada kegiatan sebelumnya, mereka telah menyebutkan hal-hal yang mereka temukan pada gambar “Buanglah Sampah di Tempat Seharusnya”.
· Kemudian, minta peserta didik untuk menuliskan tiga perbedaan antara gambar di sisi kiri (sampah anorganik) dan gambar di sisi kanan (sampah organik) ke dalam tabel.
· Minta peserta didik menulis jawabannya di buku tulis masing-masing.
· Mintalah para peserta didik untuk mengamati gambar “Buanglah Sampah di Tempat Seharusnya” sekali lagi.
· Minta mereka menuliskan dua contoh sampah organik dan dua contoh sampah anorganik yang ada pada gambar.
· Lalu, minta mereka menambahkan dua contoh sampah organik dan dua contoh sampah anorganik yang tidak ada pada gambar.
Contoh sampah anorganik:
· Kaleng;
· Kertas;
· Kaca (botol, peralatan makan);
· Plastik (kemasan makanan, mainan, botol);
· Styrofoam.
· Tanyakan kepada peserta didik tentang imbauan dan ajakan.
· Minta peserta didik untuk memberikan contoh kalimat imbauan atau ajakan.
· Jelaskan kepada peserta didik cara membuat kalimat imbauan dan ajakan.
Dalam kalimat imbauan kata kerjanya menggunakan akhiran ‘-lah’.
Contoh : Buanglah sampah pada tempatnya!
Jagalah kebersihan kelas!
Kalimat ajakan menggunakan kata ‘ayo’ dan ‘mari’.
Contoh : Ayo, buang sampah pada tempatnya!
Mari jaga kebersihan kelas!
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…
Komentar
Posting Komentar