Materi ajar Selasa 31 agustus 2021
Materi Ajar: Selasa, 31 Agustus 2021
Assalamualaikum semangat pagi semuanya🤗
Pada Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3 Bermain di Lingkungan Sekolah akan mempelajari tentang mencatat dan menyebutkan isi teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda di sekitar. Melakukan pengamatan sederhana dan mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan cermat. Menjelaskan prosedur variasi gerakan mendorong tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana. Mengidentifikasi dan mensimulasikan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai penduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Beni dan teman-temannya sedang bermain di jam istirahat sekolah.
Saya pernah melakukannya.
Mengamati Benda
Beni melakukan pengamatan terhadap minyak di dalam gelas. Gelas plastik dimiringkan sehingga minyak mengikuti gravitasi. Bentuk minyak tidak tetap atau berubah-ubah menyerupai wadahnya. Udin mengamati gangsing. Gangsing bisa berputar. Ada gangsing dari kayu dan ada gangsing dari plastik.
Minyak, gangsing, balon dan gelas plastik.
Agar tangannya tidak kotor.
Baju dimasukan ke dalam celana.
Baju Udin keluar, cara berpakaian Udin kurang rapi.
Bentuk minyak tidak tetap.
Karena balon berisi gas helium
BalonkuPencipta: AT MahmudBalonku ada lima.Rupa-rupa warnanya.Hijau, kuning, kelabu.Merah muda dan biru.Meletus balon hijau, dor!Hatiku sangat kacau.Balonku tinggal empat.Kupegang erat-erat.
Hasil pengamatan:1. Nama benda: AirCiri-ciri benda:Air merupakan benda cari. Air memiliki warna bening dan jernih,. Air dapat menempati ruangan dan menekan ke segala arah.Hasil pengamatan:2. Nama benda: GangsingCiri-ciri benda:Gangsing merupakan benda padat. Gangsing dibuat dengan bahan kayu. Dimainkan oleh anak-anak khususnya laki-laki, cara memainkannya dengan menggunakan tali.Hasil pengamatan:3. Nama benda: BalonCiri-ciri benda:Balon berisikan gas helium dan udara. Ciri-cirinya berbentuk bulat dan lonjong, bisa menahan tekanan, bisa meletus. Terbuat dari bahan karet.
Air memiliki sifat benda cair, gasing benda padat dan balon memiliki sifat gas.
Mereka bermain saling dorong bola.
Saya pernah melakukannya.
Ya Udin mematuhi tata tertib sekolahnya menggunakan pakaian lah raga saat berolah raga.
- Baju masuk ke dalam celana.
- Memakai kaus kaki warna putih, kecuali ketika memakai pakaian Pramuka.
- Memakai sepatu warna hitam.
- Untuk perempuan memakai rok sampai bawah lutut.
- Dilarang memakai perhiasan berlebihan.
- Pada saat berolahraga menggunakan pakaian olah raga
Beni | : | Udin, kamu terlihat kurang rapi dengan baju keluar. |
Udin | : | Biarkan saja. |
Beni | : | Itu kan tata tertib di sekolah kita yang tidak boleh dilanggar. |
Udin | : | Hah...??? Aku lupa! Selain itu, apa saja tata tertib di sekolah kita? |
Beni | : | Selain tata tertib berpakaian di sekolah kita harus memakai kaus kaki warna putih, perempuan memakai rok di bawah lutut, sepatu hitam, rambut harus disisir, dan rambut anak laki-laki tidak boleh melebihi daun telinga. |
Udin | : | Kalau tata tertib dalam bermain permainan saling dorong bola?. |
Beni | : | Untuk tata tertib dalam bermain permainan saling dorong bola, mendorong lawan main harus sesuai dengan aturan permainan. Kita juga harus sportif atau mau menerima kekalahan |
Pada teks di atas terdapat tata tertib berpakaian di sekolah dan bermain saling dorong bola.
Baju masuk ke dalam celana.
Dua oeang anal saling berhadapan dan membawa bola di depan saling menekan/mendorong.
- Hadir 15 menit sebelum pelajaran dimulai.
- Menggunakan sepatuh hitam dengan tali.
- Menggunakan kaos kaki berwarna putih.
- Selesai sekolah langsung pulang ke rumah.
- Tidak boleh langsung bermain-main
- Menggnati baju seragam sekolah dengan baju rumah
Bahasa Lampung
- da do de = .............
- ca co ce = .............
- ka ko ke = .............
- ya yo ye = .............
- ja jo je = .............
Komentar
Posting Komentar