KEHIDUPAN KITA DI DUNIA INI BAGAI RODA YANG BERPUTAR. ADA KALANYA KITA BERADA DI ATAS DAN ADA KALANYA KITA BERADA DI BAWAH. JIKA KITA INGIN BAHAGIA, INGATLAH ALLAH TA'ALA.
Materi ajar senin 16 agustus 2021
Dapatkan link
Facebook
X
Pinterest
Email
Aplikasi Lainnya
Materi Ajar: Senin, 16 Agustus 2021
Assalamualaikum sholeh sholehah 2b🤗
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan bahagia ya aamiin🤲🏼
Hari ini kita akan mulai belajar Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1. Pada hari ini kita akan mempelajari tentang membedakan dan menyanyikan panjang pendek nada pada lagu anak menggunakan simbol. Menyebutkan isi teks pendek “Bermain Perahu Kertas” yang dibacakan dengan tepat. Menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian dan menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang Menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Setelah belajar jangan lupa hari ini kita juga ada jadwal Penilaian Harian Tema 1 Subtema 3 ya😉
Ayo Mengamati
Hari ini hari Minggu.
Setelah membantu ibu dan ayah, Beni dan kakaknya, Tiur, bermain bersama.
Mereka bermain perahu kertas.
Apa yang dilakukan Beni dan Kak Tiur?
Beni dan Kak Tiur sedang bermain perahu kertas.
Pernahkah kamu melakukan kegiatan tersebut?
Saya pernah bermain perahu kertas.
Ayo Mengamati
Beni dan Tiur asyik bermain.
Sambil bermain, mereka bernyanyi dengan riang.
Nyanyikanlah lagu berikut bersama temanmu!
Simak panjang pendek nada Lagu Berdayung berikut ini !
Apa isi lagu yang telah kamu nyanyikan?
Lagu tersebut menceritakan tentang menaiki sebuah perahu.
Bagaimana cara kamu menyanyikannya?
Lagu tersebut dinyanyikan dengan tempo sedang.
Ayo Membaca
Ketika bernyanyi, kita mengeluarkan bunyi beraturan.
Bunyi beraturan disebut nada.
Ada nada yang panjang dan ada yang pendek.
Panjang pendek nada dapat dihitung.Satuan hitungannya yaitu ketukan.
Perhatikan panjang pendek nada berikut!
Nada 2 ketuk | 7 . | 6 . |
Ada 1 buah titik di belakangnya.
Jadi, nadanya diperpanjang sebanyak 1 ketuk.
Nada 1 ketuk | 5 6 5 3 | 2 3 2 1 |
Tidak memiliki titik atau garis di atasnya.
Diskusikanlah kegiatan berikut bersama temanmu!
Beri tanda lingkaran untuk nada 2 ketuk.
Beri tanda setengah lingkaran untuk nada 1 ketuk.
Ayo Membaca
Dengarkan gurumu membaca teks berikut!
Bermain Perahu Kertas
Beni sangat senang bermain perahu kertas.
Permainan ini sangatlah sederhana.
Satu lembar kertas bisa menghasilkan sebuah perahu
Perahu yang telah selesai dibuat diapungkan di dalam baskom berisi air.
Selain itu juga bisa diapungkan pada genangan air di saat hujan turun.
Perahu dapat berlayar dengan bantuan angin.
Beni sangat menyukai permainan ini.
Apa isi dari teks yang telah dibacakan gurumu?
Isi teks yang dibacakan guru adalah Beni sangat senang bermain perahu kertas.
Dapatkah kamu menceritakannya kembali?
Beni senang bermain perahu. Perahunya terbuat dari kertas. Perahu kertas tersebut diapungkan dalam baskom yang berisi air. Saat hujan turun, Beni juga mengapungkan perahunya pada genangan air. Perahu akan melaju saat ditiup angin.
Berilah tanggapanmu terhadap cerita temanmu!
Ayo Menulis
Bacalah kembali teks “Bermain Perahu Kertas”!
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks tersebut!
1. Apa saja benda yang digunakan dalam bermain perahu kertas?
Benda yang digunakan dalam bermain perahu kertas adalah perahu kertas, baskom, dan air.
2. Bagaimana cara memainkan perahu tersebut?
Cara bermain perahu kertas adalah perahu diapungkan dalam baskom yang berisi airatau di atas genangan air saat hujan dan melaju ditiup angin.
Ayo Mengamati
Beni membuat 2 buah perahu kertas.
Tiur juga membuat 2 buah perahu kertas.
Kemudian, ayah juga membuat 2 buah perahu kertas lagi
Jika digabungkan, berapa jumlah perahu semuanya?
Ayo Berdiskusi
Diskusikanlah soal berikut dengan temanmu!
Ada berapa kelompok perahu pada gambar tersebut?
Ada dua kelompok gambar perahu.
Berapa jumlah perahu setelah digabungkan?
Setelah digabungkan menjadi 6 perhu.
Dapat ditulis:
3 x 2 = 6
Ayo Berlatih
Tentukan bilangan yang tepat untuk soal berikut!
5. Dua kelompok anak bermain lompat tali.
Setiap kelompok terdiri atas 5 anak.
a. Kalimat perkaliannya adalah:
2 x 5 = 10
b. Nyatakan kalimat perkalian tersebut dengan penjumlahan berulang!
5 + 5 = 10
Kerja Sama dengan Orang Tua
Orang tua mengajak siswa berdiskusi tentang perkalian sebagai penjumlahan berulang.
Alhamdulillah sudah selesai materi kita hari ini.
Sekarang sholeh sholehah bisa mengerjakan Penilaian Harian Tema 1 Subtema 3 melalui link di bawah ini:
Mengenal Pecahan Ibu membeli satu buah pizza, kemudian pizza tersebut dipotong menjadi 4 bagian yang sama untuk dibagikan kepada empat anaknya. Berapa bagian untuk masing-masing anak ? Perhatikan gambar ilustrasi di bawah ini ! Penjelasannya sebagai berikut : Sebuah pizza mula-mula utuh, kemudian dipotong atau dibagi menjadi dua bagian yang sama. Perhatikan pula dua bagian pizza yang sudah dipotong, satu bagian dari pizza yang dipotong tersebut disebut “ satu per dua ” atau “ seperdua ” atau “ setengah ” dan ditulis “ ½ ”. Sedangkan jika kedua bagian potongan dari pizza tersebut dipotong lagi menjadi dua, maka dari sebuah pizza tersebut akan diperoleh empat bagian pizza yang sama. Satu bagian pizza dari empat bagian yang sama itu disebut “ satu per empat ” atau “ seperempat ” dan ditulis “ ¼ ” . Jadi jawaban dari pertanyaan diatas adalah setiap anak mendapat pizza ¼ bagian. Dari penjelasan di atas kita menemukan bilangan ½ dan ¼. Kedua bilangan itulah...
Materi Ajar: Kamis, 25 Maret 2021 Hari/ tanggal : Kamis, 25 Maret 2021 Kelas : 2 Tema : 7 Kebersamaan Subtema : 3 Kebersamaan di tempat bermain Pembelajaran : 4 dan 5 Tujuan Pembelajaran Dengan mengamati gambar kegiatan bermain di halaman yang disajikan, siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kebersamaan. Dengan mencermati informasi permainan kesukaan dari teman. Dengan mendiskusikan sikap terhadap teman yang memiliki perbedaan permainan kesukaan. Dengan mengamati teks dongeng untuk menemukan kata sapaan dalam dongeng. Dengan mengamati gambar perilaku siswa, siswa memahami perilaku toleransi antar teman. Dengan mengamati gambar semut untuk menentukan nilai pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat. Kompetensi Dasar PKn 3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah....
Kisi-kisi STS Bahasa Indonesia Assalamu'alaikum anak solih dan solihah... Alhamdulillah.. Tidak terasa esok hari anak-anak baik Ibu Guru akan melaksanakan Sumatif Tengan Semester Genap ya Nak... Apakah anak-anak Ibu Guru sudah siap untuk menghadapi STS esok hari? Sudah belajarkah di rumah? Sudah berdoa secara maksimal kepada Allah? Alhamdulillah... Untuk lebih memaksimalkan usaha kalian dalam menghadapi STS esok pagi, silahkan anak-anak menyimak kisi-kisi berikut ini ya sayang... Kisi-Kisi STS Bahasa Indonesia 1. Kata Ajaib. 2. Fungsi Tanda Koma. 3. Rima pada Pantun. 4. Informasi pada Narasi Imajinatif. 5. Menyusun gambar acak menjadi sebuah cerita. 6. Pesan dalam pantun. 7. Kalimat yang terdiri dari atas kombinasi KV, KVK, KKV, dan KVKK yang sering ditemui. 8. Perbedaan diri dan teman. 9. Mengategorikan frasa dari informasi pada pengatur grafis sederhana. 10. Nama-nama pekerjaan. 11. Melengkapi pantun. Semangat belajar ya Nak.. Semoga Allah memaksimalkan hasil...
Komentar
Posting Komentar