MATERI AJAR , JUMAT 2 FEBRUARI 2024
MATERI
PEMBELAJARAN
Hari/ Tanggal : Jumat,
02 Februari 2024
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema
4 : Pengalamanku di Tempat Wisata
Pembelajaran :
4
Bismillah..
Assalamualaikum Anak
sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu
semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak
hebat Ibu guru!
Apakah anak-anak baik Ibu Guru
sudah siap untuk memulainya?
Hari ini kita akan melanjutkan
pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu pengalamanku dengan
tujuan pembelajaran yaitu Membaca indah puisi anak tentang alam. Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang
alam. Menemukan kosakata
baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan.
Mengartikan kosakata baru yang terdapat
dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan. Menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan
yang tepat. Memecahkan
masalah seharihari tentang satuan panjang. Menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang
panjang. Mengidentifikasi cara
menggunakan bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan. Membuat karya hiasan dengan bahan buatan.
Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…
Ayo Mengamati
Beni tamasya ke Candi Borobudur.
Tamasya disebut juga study tour.
Beni meminta tolong pengunjung lain.
Beni meminta untuk difoto.
Apa yang dilakukan Beni?
Bagaimana cara melakukannya?
Gurumu akan membacakan teks
percakapan.
Percakapan Beni bersama orang
yang baru dikenal.
Dengarkan teks percakapan tersebut!
Sudahkah kamu mendengarkannya?
Teks percakapan yang disampaikan gurumu?
Buatlah pertanyaannya!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan: ...............................................................
Jawaban teman:
........................................................
Ayo Menulis
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Sebutkan alat untuk memfoto.
Jawab:
................................................................
2. Bagaimana cara meminta tolong
yang baik?
Jawab:
................................................................
3. Siapa yang meminta tolong?
Jawab:
................................................................
4. Mengapa orang mau
menolongnya?
Jawab:
................................................................
5. Apa yang terjadi setelah
berfoto?
Jawab:
................................................................
Ayo Berlatih
Gambar berikut menunjukkan sikap
santun.
Sikap Beni kepada orang
lain. Latihlah dirimu menggunakan bahasa
yang santun. Bahasa ketika meminta tolong.
Lakukan bersama teman
sebangkumu! Gunakan bahasamu sendiri!
Beni dan teman-teman telah
selesai mengunjungi Borobudur. Kemudian, melanjutkan membatik di sekitar Candi.
Sebelum membatik, Beni mengukur
panjang kain.
Panjang kain untuk dibatik.
Panjang kain yang dibatik berbeda-beda.
Perhatikan data berikut!
Data tentang panjang kain untuk membatik.
Siti dan Lani belum mendapatkan
kain.
Kerjakanlah soal berikut!
Hitunglah berdasarkan data di
atas!
1.
Berapakah panjang kain Meli dan
Edo jika digabung? Hitunglah dalam satuan meter!
2.
Setengah kain Beni diberikan
kepada Siti. Berapa meter panjang kain Beni dan Dayu?
3.
Setengah kain Beni diberikan
kepada Siti. Berapa cm panjang kain Siti dan Udin?
4.
Setengah kain Edo diberikan
kepada Lani. Berapa cm panjang kain Lani dan Meli?
Kain hasil membatik dibawa
pulang.
Kain batik dijadikan bahan dasar
hiasan. Hiasan bingkai foto. Hal ini sebagai pengalamannya di candi Borobudur.
Ayo Mencoba
Beni menghias bingkai foto
dengan kain batik.
Coba lakukan seperti Beni.
Perhatikan langkah-langkahnya!
Contoh bingkai foto Beni. Foto
ketika di candi Borobudur. Bingkainya dihias dengan kain batik.
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia
belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman
belajar hari ini?
Apa yang telah kalian
pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas
kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup
pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Komentar
Posting Komentar