KEHIDUPAN KITA DI DUNIA INI BAGAI RODA YANG BERPUTAR. ADA KALANYA KITA BERADA DI ATAS DAN ADA KALANYA KITA BERADA DI BAWAH. JIKA KITA INGIN BAHAGIA, INGATLAH ALLAH TA'ALA.
Materi Ajar: Senin, 14 Februari 2022
Dapatkan link
Facebook
X
Pinterest
Email
Aplikasi Lainnya
Materi Ajar: Senin, 14 Februari 2022
PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1
Kelas / Semester : 2 /2
Tema 6 : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 3 : Tumbuhan di Sekitarku
Pembelajaran ke : 1
Selamat pagi anak sholeh, sholehah dan anak pintarnya Ibu guru. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah yaa.
Oke Ibu guru persilahkan untuk anak-anak sholeh dan sholeha mempersiapkan alat-alat untuk belajar hari ini, namun sebelum itu jangan lupa untuk mandi dan sarapan terlebih dahulu ya. Selanjutnya silahkan simak tausiyah, murojaah, serta sholat dhuha ya sayang baru kita akan mulai pembelajaran kita hari ini.
Pada Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 3 Tumbuhan di Sekitarku akan mempelajari tentang menemukan penggunaan tanda titik pada kalimat berita dalam tulisan tegak bersambung. Memperbaiki ejaan dan menggunakan tanda baca. Menemukan kesetaraan dan mengubah satuan ukuran benda (1 kg = 10 ons, 1 ons = 100 gram). Mengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif dari bahan alami. Mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya patung imajinatif dan membuat karya imajinatif berdasarkan pengalaman. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar halaman rumah Lani! Apakah yang kamu lihat? (Ada kebun bunga). Apakah kamu menemukan bunga pada gambar tersebut?(Ya). Bagaimana dengan halaman rumahmu? (Ada kebun bunga juga). Apakah kamu juga memiliki bunga dan tanaman di halaman rumahmu?(Ya)
Aku menemukan banyak hal pada gambar!
Aku menemukan:
1. Bunga berwarna merah, kuning, dan pink.
2. Lani sedang menyiram bunga.
3. Rumput yang hijau dan tertata rapi.
4. Sebatang pohon yang rindang.
5. Ibu Lani yang sedang merawat bunga.
Tukarkan jawabanmu dengan jawaban temanmu. Apakah kamu menemukan persamaan jawabanmu dengan jawaban temanmu? Ya. Apakah kamu menemukan sesuatu yang berbeda? Tidak.
Ayo Membaca
Olahraga Pagi
Pada hari Minggu yang cerah, Lani dan keluarganya berolahraga pagi. Udara sejuk pada pagi hari. Matahari bersinar cerah dan semua bergembira. Mereka lari pagi mengelilingi taman perumahan. Tampak bunga-bunga sedang bermekaran di taman. Ada bunga mawar, bunga sepatu, bunga melati, dan banyak lagi. Hari itu hari yang membahagiakan untuk Lani dan keluarganya.
Jawablah pertanyaan berdasarkan bacaan!
11. Pada hari apa Lani dan keluarganya berolahraga?
Pada hari Minggu
2. Di mana mereka berolahraga pagi?
Di taman perumahan.
3. Apa yang dilihat Lani di taman?
Bunga-bunga sedang bermekaran.
4. Bagaimana perasaan Lani pada hari itu?
Lani merasa bahagia.
5. Sebutkan 3 jenis bunga yang ditemukan Lani di taman!
Bunga mawar, bunga sepatu, bunga melati.
Ayo Mengamati
Amatilah kembali bacaan yang berjudul Olahraga Pagi!
Berapa jumlah kalimat dalam bacaan tersebut?
Ada tujuh Kalimat.
Tanda apa yang dipakai untuk mengakhiri sebuah kalimat?
Tanda titik.
Tuliskan kembali kalimat-kalimat dalam bacaan tersebut. Gunakan huruf tegak bersambung.
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut! Tandailah kesalahan ejaan dan tanda baca pada teks berikut!
Lani suka bercocok tanam lani menanam banyak tanaman di halaman rumahnya. Setiap hari lani menyiram tanaman-tanaman tersebut tanaman lani tumbuh dengan subur di halaman sekolah lani juga terdapat banyak tanaman ada berbagai jenis tanaman bunga. Ada berbagai jenis tanaman apotek hidup Apotek hidup adalah tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat Misalnya, jahe, kencur, dan kunyit.
Ayo Menulis
Tuliskan kembali kalimat-kalimat dalam bacaan tersebut. Gunakan huruf tegak bersambung.
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut! Tandailah kesalahan ejaan dan tanda baca pada teks berikut!
Lani suka bercocok tanam lani menanam banyak tanaman di halaman rumahnya. Setiap hari lani menyiram tanaman-tanaman tersebut tanaman lani tumbuh dengan subur di halaman sekolah lani juga terdapat banyak tanaman ada berbagai jenis tanaman bunga. Ada berbagai jenis tanaman apotek hidup Apotek hidup adalah tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat Misalnya, jahe, kencur, dan kunyit.
Ayo Menulis
Tuliskan kembali teks yang telah dikoreksi tersebut dengan huruf tegak bersambung!
Ayo Mengamati
Halaman rumah Lani cukup luas. Lani menanam cabai di halaman rumahnya. Tanaman cabai sudah mulai berbuah. Lani memetik cabai dan menimbangnya. Lani menggunakan timbangan. Pada timbangan tersebut tertulis satuan beratnya ons. Berat cabai Lani adalah 5 ons.
Perhatikan timbangan yang digunakan oleh Lani!
Timbangan jarum digunakan untuk mengukur berat benda yang ringan. Satuan berat yang digunakan dalam timbangan tersebut adalah ons. 1 kg = 10 ons
Ayo Berlatih
Kerjakan soal berikut dengan menuliskan jawabannya saja di buku tematikmu!
1. Cabai yang dipetik Lani seberat 5 ons.Cabai tersebut dimasukkan ke dalam satu plastik. Ibu juga memetik cabai dan menimbang cabai seberat 5 ons.Berapa kilogram berat cabai sekarang?
2. Cabai yang dihasilkan di halaman rumah Lani seberat 5 kg. Cabai tersebut dimasukkan dalam kemasan plastik seberat 5 ons. Ada berapa plastik yang dibutuhkan untuk membungkus cabai tersebut?
3. Selain menanam cabai, Lani juga menanam beberapa jenis sayuran di pekarangannya. Ayo, kita temukan berat sayuran tersebut dalam satuan kg.
Sesudah belajar ayo kita menyanyikan Mars Al Azhar bersama sama.
Nah anak-anak, demikian pembelajaran kita hari ini. Jika telah selesai, kirimkan kolase foto hasil penugasan kepada ibu guru.
Silakan berdoa dan rapikan kembali perlengkapan belajarnya.
Oh iya, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah membimbing kalian belajar hari ini.
Mengenal Pecahan Ibu membeli satu buah pizza, kemudian pizza tersebut dipotong menjadi 4 bagian yang sama untuk dibagikan kepada empat anaknya. Berapa bagian untuk masing-masing anak ? Perhatikan gambar ilustrasi di bawah ini ! Penjelasannya sebagai berikut : Sebuah pizza mula-mula utuh, kemudian dipotong atau dibagi menjadi dua bagian yang sama. Perhatikan pula dua bagian pizza yang sudah dipotong, satu bagian dari pizza yang dipotong tersebut disebut “ satu per dua ” atau “ seperdua ” atau “ setengah ” dan ditulis “ ½ ”. Sedangkan jika kedua bagian potongan dari pizza tersebut dipotong lagi menjadi dua, maka dari sebuah pizza tersebut akan diperoleh empat bagian pizza yang sama. Satu bagian pizza dari empat bagian yang sama itu disebut “ satu per empat ” atau “ seperempat ” dan ditulis “ ¼ ” . Jadi jawaban dari pertanyaan diatas adalah setiap anak mendapat pizza ¼ bagian. Dari penjelasan di atas kita menemukan bilangan ½ dan ¼. Kedua bilangan itulah yang disebut denga
Materi Ajar: Kamis, 25 Maret 2021 Hari/ tanggal : Kamis, 25 Maret 2021 Kelas : 2 Tema : 7 Kebersamaan Subtema : 3 Kebersamaan di tempat bermain Pembelajaran : 4 dan 5 Tujuan Pembelajaran Dengan mengamati gambar kegiatan bermain di halaman yang disajikan, siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kebersamaan. Dengan mencermati informasi permainan kesukaan dari teman. Dengan mendiskusikan sikap terhadap teman yang memiliki perbedaan permainan kesukaan. Dengan mengamati teks dongeng untuk menemukan kata sapaan dalam dongeng. Dengan mengamati gambar perilaku siswa, siswa memahami perilaku toleransi antar teman. Dengan mengamati gambar semut untuk menentukan nilai pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat. Kompetensi Dasar PKn 3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah. Bahasa Indonesia 3.8 Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tu
Komentar
Posting Komentar