KEHIDUPAN KITA DI DUNIA INI BAGAI RODA YANG BERPUTAR. ADA KALANYA KITA BERADA DI ATAS DAN ADA KALANYA KITA BERADA DI BAWAH. JIKA KITA INGIN BAHAGIA, INGATLAH ALLAH TA'ALA.
Materi Ajar: Senin, 21 Oktober 2022
Dapatkan link
Facebook
X
Pinterest
Email
Aplikasi Lainnya
Materi Ajar: Senin, 21 Oktober 2022
Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1
Kelas / Semester : 2 /2
Tema 6 : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 4 : Merawat Tumbuhan
Pembelajaran ke : 1
Selamat pagi anak sholeh, sholehah dan anak pintarnya Ibu guru. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah yaa.
Oke Ibu guru persilahkan untuk anak-anak sholeh dan sholeha mempersiapkan alat-alat untuk belajar hari ini, namun sebelum itu jangan lupa untuk mandi dan sarapan terlebih dahulu ya. Selanjutnya silahkan simak tausiyah, murojaah, serta sholat dhuha ya sayang baru kita akan mulai pembelajaran kita hari ini.
Pada Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 4 Merawat Tumbuhan akan mempelajari tentang menemukan penggunaan tanda pada kalimat berita dalam tulisan tegak bersambung dan memperbaiki ejaan dan menggunakan tanda baca. Menentukan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya. Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan.
Sebelum memulai pembelajaran anak anak yang sholeh dan sholeha mari simak video mars Al azhar dan dihafalkan
Halaman rumah Siti ditumbuhi berbagai tanaman bunga. Bunga-bunga bermekaran indah sekali. Siti rajin merawat tanaman-tanaman tersebut.
Ayo Membaca
Bacalah percakapan berikut .
Ayah dan Siti sedang merawat tanaman di halaman rumah. Ayah memberi pupuk pada tanaman-tanaman tersebut.
Siti : Mengapa tanaman harus diberi pupuk, Ayah?
Ayah : Supaya tanaman tumbuh subur. Pupuk mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tanaman.
Siti : Apakah tanaman cukup dipupuk saja, Ayah?
Ayah : Tentu saja tidak. Tanaman juga membutuhkan air. Oleh karena itu, kita harus menyiram tanaman juga.
Siti : Kapan kita harus menyiram tanaman?
Ayah : Setiap hari kita harus menyiram tanaman. Apakah kamu sudah melaksanakan tugasmu menyiram tanaman?
Siti : Baik, Ayah. Aku akan melaksanakan tugasku dengan baik, menyiram tanaman setiap hari.
Penulisan kalimat tanya biasa diawali dengan kata tanya. Penulisan kalimat tanya selalu diakhiri dengan tanda tanya (?). Intonasi dalam kalimat tanya berbeda dengan kalimat pemberitahuan.
Coba tuliskan kata tanya lainnya yang kamu ketahui.
Tuliskan satu kata tanya pada satu kotak yang disediakan.
Diskusikan dengan orangtuamu.
Apakah orangtuamu memiliki kata yang sama?
Ayo Mengamati
Tanaman memerlukan air dan pupuk agar tumbuh subur.
Ayah mengajak Siti membeli pupuk di toko tanaman.
Di toko tanaman ada pupuk dikemas dalam beberapa ukuran.
Ada ukuran 1 kg, 2 kg, 5 kg, dan 10 kg.
Ayah ingin membeli pupuk sebanyak 20 kg. Di toko tanaman, hanya tersedia satu kemasan 10 kg
Ayo, bantu ayah Siti agar mendapatkan pupuk sebanyak 20 kg.
Contoh jawaban:
Pupuk yang harus dibeli Ayah agar terpenuhi kebutuhan 20 kg adalah 1 kemasan 10 kg, 2 kemasan 5 kg.
Pupuk yang harus dibeli ayah agar terpenuhi kebutuhan 20 kg adalah 4 kemasan 5 kg.
jawaban:
Kantong plastik yang dibutuhkan agar 20 kg dapat ditempatkan sama banyak di setiap kantong plastik kemasan 5 ons adalah 40 kantong plastik.
Cara: 20 kg = 200 ons
200 : 5 = 40
Selain merawat tanaman, ibu Dayu juga suka berkreasi. Kali ini, ibu Dayu berkreasi dengan menggunakan karton bekas tisu gulung.
ibu Dayu akan membuat hiasan vas bunga dari karton bekas tisu gulung.
Alat dan bahan:
1.Karton bekas tisu gulung atau karton berwarna cokelat.
2. Kertas warna
3. Lem kertas
4. Pensil
5. Gunting
Cara Membuat:
1. Siapkan karton bekas tisu gulung.
2. Kamu juga dapat membuat gulungan kertas itu dari kertas karton warna cokelat.
3. Hiaslah kertas karton bekas tisu gulung dengan hiasan dari kertas warna.
4. Buatlah gambar pada kertas warna sesuai keinginanmu.
5. Guntinglah gambar hiasanmu itu. Hati-hati menggunakan gunting.
6. Tempelkan hiasan dari kertas warna itu pada karton bekas tisu gulung.
Simak video dibawah ini!
Latihan hari ini!
Ulangan Harian Tema 6 Subtema 1
https://forms.gle/VYZyDxE65LVuHDqe6
Nah anak-anak, demikian pembelajaran kita hari ini. Jika sudah selesai silahkan kirimkan tugasmu hari ini melalui aplikasi whatsapp lalu berdoa dan rapikan kembali perlengkapan belajarnya
Oh iya, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah membimbing kalian belajar hari ini
Mengenal Pecahan Ibu membeli satu buah pizza, kemudian pizza tersebut dipotong menjadi 4 bagian yang sama untuk dibagikan kepada empat anaknya. Berapa bagian untuk masing-masing anak ? Perhatikan gambar ilustrasi di bawah ini ! Penjelasannya sebagai berikut : Sebuah pizza mula-mula utuh, kemudian dipotong atau dibagi menjadi dua bagian yang sama. Perhatikan pula dua bagian pizza yang sudah dipotong, satu bagian dari pizza yang dipotong tersebut disebut “ satu per dua ” atau “ seperdua ” atau “ setengah ” dan ditulis “ ½ ”. Sedangkan jika kedua bagian potongan dari pizza tersebut dipotong lagi menjadi dua, maka dari sebuah pizza tersebut akan diperoleh empat bagian pizza yang sama. Satu bagian pizza dari empat bagian yang sama itu disebut “ satu per empat ” atau “ seperempat ” dan ditulis “ ¼ ” . Jadi jawaban dari pertanyaan diatas adalah setiap anak mendapat pizza ¼ bagian. Dari penjelasan di atas kita menemukan bilangan ½ dan ¼. Kedua bilangan itulah yang disebut denga
Materi Ajar: Kamis, 25 Maret 2021 Hari/ tanggal : Kamis, 25 Maret 2021 Kelas : 2 Tema : 7 Kebersamaan Subtema : 3 Kebersamaan di tempat bermain Pembelajaran : 4 dan 5 Tujuan Pembelajaran Dengan mengamati gambar kegiatan bermain di halaman yang disajikan, siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kebersamaan. Dengan mencermati informasi permainan kesukaan dari teman. Dengan mendiskusikan sikap terhadap teman yang memiliki perbedaan permainan kesukaan. Dengan mengamati teks dongeng untuk menemukan kata sapaan dalam dongeng. Dengan mengamati gambar perilaku siswa, siswa memahami perilaku toleransi antar teman. Dengan mengamati gambar semut untuk menentukan nilai pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat. Kompetensi Dasar PKn 3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah. Bahasa Indonesia 3.8 Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tu
Komentar
Posting Komentar