Materi ajar 19 januari 2024
MATERI PEMBELAJARAN
Hari/ Tanggal : Jumat, 19 Januari 2024
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema 2 : Pengalamanku di Sekolah
Pembelajaran : 4
Bismillah..
anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masha allah sehat semua ya sayang.
Alhamdulillah ketemu lagi dengan Bu rizqii semangat yaa dihari rabu yang cerah inii...
Semangat semangat oke oke ....
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Yuukk.. sebelum memulai pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..
Alhamdulillah…
Sekarang, Ibu guru mau mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?
1… 2… 3….
Pada Pembelajaran 4 Tema 5 Subtema 2 Pengalamanku di Sekolah akan mempelajari tentang membuat dan mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami. Menentukan konversi satuan panjang (cm, m) dan mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m). Menemukan dan mengartikankosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Membaca dan mengoreksi kesalahan puisi anak tentang lingkungan. Menuliskan isi puisi anak tentang lingkungan dengan ejaan yang tepat. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Beni mendapat tugas dari sekolah.
Beni harus membawa daun kelapa.
Beni belum mengetahui kegunaannya.
Ibu guru merahasiakannya.
Tahukah, kamu? Apa kegunaan daun kelapa?
Ayo Mengamati
Amati gambar berikut!
Ayo Berlatih
Buatlah pertanyaan tentang gambar tersebut!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan: Informasi apa yang terdapat dalam gambar tersebut?Jawaban teman: Langka-langkah membuat kerajinan.Pertanyaan: Kerajinan apa yang dibuat dalam gambar tersebut?Jawaban teman: Ketupat.Pertanyaan: Apa bahan untuk membuat kerajinan ketupat?Jawaban teman: Dua helai daun kelapa.
Ayo Berkreasi
Perhatikan percakapan Beni!
Beni sedang bercakap-cakap dengan Bu Guru!
Buatlah ketupat menggunakan daun kelapa!
Sediakan dua helai daun kelapa!
Pernahkah kamu membuatkerajinan? Kerajinan dari dedaunan? Kali ini, kamu akan membuat anyaman. Anyaman cangkang ketupat daridaun kelapa.
Cara membuatnya adalah:
- Gulung satu sisi janur sampai tiga kali pada tangan. Ingat posisi pangkal janur menghadap ke atas.
- Ambil sisi janur satu lagi. Seperti langkah sebelumnya. Gulung pada tangan sebanyak tiga kali. Posisi pangkal janur menghadap ke bawah.
- Buatlah kedua gulungan saling bersilangan. Janur masih dalam posisi tergulung.
- Ambil satu ujung. Kemudian, putar ke belakang susunan janur.
- Masukkan ujung janur yang sudah diputar ke belakang, Kemudian, janur yang berada pada posisi tengah.
- Teruskan anyaman sampai bawah. Lakukan langkah sama dengan janur yang satu lagi.
Daun kelapa berguna untuk cangkang ketupat.
Banyak jenis daun lainnya yang berguna bagimu.
Seperti, daun mangga, daun singkong, dan daun pepaya.
Ayo Berlatih
Amatilah lima jenis daun di sekitarmu!
Ukurlah panjang tangkai daunnya!
Catat hasilnya pada kolom berikut!
Ukuran dalam satuan cm.
No. | Nama Daun | Ukuran (cm) |
---|---|---|
1 | Daun Pisang | 130 cm |
2 | Daun Mangga | 21 cm |
3 | Daun Jambu | 15 cm |
4 | Daun Nangka | 17 cm |
5 | Daun Mahoni | 11 cm |
Salin hasilmu pada titik-titik berikut!
Ubahlah ke dalam satuan meter (m)!
- 130 cm = 1,3 m
- 21 cm = 0,21 m
- 15 cm = 0,15 m
- 17 cm = 0,17 cm
- 11 cm = 0, 11m
Ayo Berdiskusi
Ketupat LebaranKetupat lebaran dengan sayap opor ayamDisantap sepulang dari shalat Idul FitriUntuk kakek dan nenek, tetangga, sahabatSenangnya, Subhanallah sungguh nikmatKetupat lebaran dengan sambal goreng hatiTersedia di meja sepulang dari shalatMemang sedap dan enak dan gurihCobalah ketupat, Alhamdulillah sungguh nikmat
Temukan kosakata baru dalam puisi!
Diskusikan makna kata berikut!
No. | Kosa Kta | Makna |
---|---|---|
1 | Ketupat | Makanan yang dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa |
2 | Opr | Gulai ayam (itik dan sebagainya) berkuah santan kental |
3 | Santap | Memakan, meminum |
4 | Nikmat | Enak, lezat |
5 | Gurih | Enak rasanya (seperti ikan goreng) |
Kamu perlu menguji hasil diskusimu!
Caranya kerjakan latihan berikut!
Petunjuk: Temukan kata yang sesuai dengan maknanya!
1. Memakan, meminum
2. Dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa.
3. Enak rasanya (seperti ikan goreng).
4. Gulai ayam atau itik dan sebagainya, berkuah santan kental.
5. Enak, lezat
Dengarkan petunjuk gurumu!
Kerjakan latihan berikut
Ayo Membaca
Bacalah puisi berikut!
Ketupat LebaranKetupat lebaran dengan sayap opor ayamDisantap sepulang dari shalat Idul FitriUntuk kakek dan nenek, tetangga, sahabatSenangnya, Subhanallah sungguh nikmatKetupat lebaran dengan sambal goreng hatiTersedia di meja sepulang dari shalatMemang sedap dan enak dan gurihCobalah ketupat, Alhamdulillah sungguh nikmat
Gunakan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat!
Ayo Menulis
Perhatikan temanmu membaca puisi!
Gunakan ekspresi, intonasi, dan lafal!
Ekspresi : Cukup bagusIntonasi : BagusLafal : .Sangat bagus
Tulislah puisi tentang “Lingkungan!
Lingkunganku
Lingkunganku dahulu rindang
Anak anak sangat senang
Bermain di tanah lapang
Lingkunganku kini gersang
Pohoh pohon ditebang
Tidak ada lagi burung terbang
Tidak ada lagi tanah lapang
Tempat anak anak bermain riang
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah pembelajaran tentang membuat dan mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami. Menentukan konversi satuan panjang (cm, m) dan mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m). Menemukan dan mengartikankosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Membaca dan mengoreksi kesalahan puisi anak tentang lingkungan. Menuliskan isi puisi anak tentang lingkungan dengan ejaan yang tepat.
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb
Komentar
Posting Komentar