MATERI AJAR , RABU 31 JANUARI 2024
MATERI
PEMBELAJARAN
Hari/ Tanggal : Rabu,
31 Januari 2024
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema
4 : Pengalamanku di Tempat Wisata
Pembelajaran :
1
& 2
Bismillah..
Assalamualaikum Anak
sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari
ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu
semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak
hebat Ibu guru!
Apakah anak-anak baik Ibu Guru
sudah siap untuk memulainya?
Hari ini kalian akan melanjutkan
pembelajarn dengan tujuan pembelajaran yaitu
dengan menggunakan teks lagu “Pemandangan”,
siswa dapat membaca indah puisi anak tentang alam. Dengan
mendengarkan kawanya membaca puisi mampu mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam.
Menemukan kosakata baru yang terdapat
dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi
anak tentang alam yang diperdengarkan. Menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat.
Mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan
yang dibuat dengan bahan buatan. Mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan.
Membuat karya hiasan dengan bahan buatan.
Memecahkan masalah sehari hari tentang
satuan panjang. Menyajikan
penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjang.
Yuukk,
sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…
Beni sering mengunjungi tempat
wisata.
Beni pergi ketika liburan. Juga
ketika Beni study tour.
Apakah “Study Tour ” itu?
“Study tour” adalah kegiatan
pembelajaran.
Pembelajaran langsung ke
lapangan.
Tujuannya untuk melihat
dan mengamati.
Ayo
Mengamati
Apakah yang dilakukan Beni dan
temannya?
Pernahkah kamu
melakukannya?
Perhatikan gambar berikut!
Siswa kelas dua pergi study
tour. Study tour selama seminggu.
Hari pertama berkunjung ke Taman
Nasional.
Nama tamannya Bantimurung.
Bantimurung
terletak di Sulawesi
Selatan.
Ayo
Membaca
Sambil istirahat siswa bernyayi.
Lagunya “Pemandangan”.
Sebagian siswa lainnya membaca puisi.
Bacalah teks lagu berikut!
Caranya seperti membaca puisi.
Gunakan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat!
Simaklah temanmu sedang membaca
puisi!
Tepatkah lafal, intonasi, dan
ekspresinya? Berikan pendapatmu!
Ayo
Menulis
Tuliskan puisi tentang alam!
Tema :
______________________________
Judul : ______________________________
Kerangka Puisi:
Bacalah puisi yang kamu tulis!
Ayo
Mengamati
Beni melihat botol bekas
minuman.
Botol tersebut berserakan.
Beni mempunyai ide.
Beni ingin memanfaatkan
botol tersebut.
Ayo
Berlatih
Amati gambar di atas!
Gambar tentang pemanfaatan botol
bekas.
Sekarang, buatlah pertanyaannya.
Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan: ...............................................................
Jawaban teman:
..................................................
Ayo
Berkreasi
Ikutilah langkah berikut!
Hiasan Pot Botol Bekas
Tujuan: membuat hiasan pot botol bekas
Alat dan Bahan
1. Pola pot bekas
2. Cat warna
3. Kuas
Cara Membuat
1. Sediakan alat dan bahan
2. Gambar pola sesuai keinginan
3. Beri cat warna agar menarik
4. Jemur pot yang sudah dicat
Hasil Kerja
Ciri-ciri hiasan yang dibuat
dari botol bekas.
...............................................................................................
...............................................................................................
..............................................................................................
................................................................................................
Ayo
Mengamati
Ukuran botol bekas berbeda-beda. Botol ada yang tinggi.
Botol ada juga yang pendek.
Tinggi botol bekas pertama 26
cm. Tinggi botol bekas kedua 15 cm. Berapakah tinggi kedua botol
tersebut?
Diketahui
Tinggi botol pertama = 26 cm
Tinggi botol kedua = 15 cm
Ditanyakan tinggi kedua botol
Jawab:
Tinggi kedua botol sama dengan
tinggi botol 1
ditambah tinggi botol 2
= 26 cm + 15 cm
= 41 cm
Jadi, tinggi kedua botol
adalah 41 cm
Ayo Berlatih
Kerjakan soal berikut! Kerjakan
dengan benar!
1. Beni mempunyai 2 potong kain.
Ukuran kedua kain berbeda. Kain pertama panjangnya 200 cm.
Kain kedua panjangnya 500 cm.
Berapa meter panjang kain semuanya?
2. Panjang gapura kiri sama
dengan gapura kanan. Panjang gapura kanan 3.500 cm. Jarak antara
gapura kiri dan kanan 4.000 m.
Berapa panjang gabungan ketiganya?
3. Beni berjalan kaki menuju
goa. Gua tersebut terdapat di taman nasional. Jarak gua dari taman
nasional 70.000 cm. Beni ingin
masuk ke dalam gua. Beni harus menempuh jarak 20.000 cm.
Berapa meter jarak yang harus ditempuh
Beni hingga
sampai ke dalam gua?
Liburan naik kelas telah
selesai. Saat liburan Beni
melakukan perjalanan. Beni ke
kampung halaman papanya.
Kampung papa Beni di Sumatra
Barat.
Ada Rumah Gadang di sana.
Beni bertemu Siti di Rumah
Gadang.
Ayo Mengamati
Amatilah percakapan berikut!
Percakapan Beni dan kakaknya. Kakak Beni bernama Tiur.
Apa yang disampaikan Tiur kepada
Beni?
Sikap apakah yang dilakukan?
Sesuai dengan sila ke berapakah
sikapnya?
Ayo Berlatih
Kamu tidak boleh mengambil keputusan
sendiri.
Ketika kamu pergi bersama.
Inilah contoh sikap sesuai sila keempat Pancasila. Berikan centang (_)
pada gambar berikut! Contoh
perilaku sesuai sila keempat Pancasila!
Diskusikan dengan teman
sebangkumu!
Beni tidak mengambil keputusan
sendiri. Ketika Beni menentukan ketua kelompok diskusi.
Ayo Bercerita
Ceritakan pengalamanmu di rumah!
Pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila!
Sesampainya di Padang, Beni
singgah. Beni singgah di Air Terjun Lubuak Tampuruang. Air Terjun Lubuak
Tampuruang unik. Seperti batok
kelapa yang dibelah. Masih banyak terdapat air terjun di Sumatra Barat.
Adakah air terjun di tempat tinggalmu?
Adakah tempat wisata di
daerahmu?
Beni bernyanyi tentang air
terjun.
Ayo Mengamati
Perhatikan lagi gambar di atas!
Buatlah pertanyaan sesuai
gambar!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan:
...............................................................
Jawaban teman: ........................................................
Ayo Membaca
Bacalah teks lagu berikut! Lagu
tentang “ Air Terjun.” Bacalah seperti puisi!
Simaklah temanmu membaca puisi!
Berikanlah tanggapanmu! Gunakan
bahasa yang sopan!
Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan temanmu!
Diskusi tentang makna kata-kata
berikut.
Kamu dapat menemukan makna kata
di atas.
Caranya dengan menyusun huruf
berikut!
Beni singgah di kampung Siti.
Anak-anak di
kampung Siti sedang main kelereng.
Beni ikut bermain kelereng.
Beni menang saat main kelereng.
Beni sangat senang.
Beni melompat. Beni juga berlari
sambil melayang.
Tahukah, kamu? Bagaimana gerakan
melayang?
Ayo Mencoba
Perhatikan gambar berikut!
Gambar tentang gerakan melayang.
Lakukan bersama teman-temanmu!
Perhatikan gerakan di atas!
Tirukan gerakan melayang seperti
di atas!
Coba, lakukan gerakan melayang
lainnya!
Ceritakan pengalamanmu setelah
bermain!
Komentar
Posting Komentar