Materi ajar 24 januari 2024

 MATERI PEMBELAJARAN


Hari/ Tanggal : Rabu 24 Januari 2024

Tema 5 : Pengalamanku

Subtema 3 : Pengalamanku di Tempat Bermain

Pembelajaran : 1 dan 2



Bismillah..

 anak sholih dan sholihah…


Yuukk.. sebelum memulai pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..

Alhamdulillah…

Pada Pembelajaran 1 dan 2 Tema 5 Subtema 3 Pengalamanku di Tempat Bermain akan mempelajari tentang mendengarkan dan bermain peran teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik. Menentukan konversi satuan panjang ( cm, m) dan mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misal: cm, m). Mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian dengan hitungan. Dengan mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian dengan hitungan, siswa dapat melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam tarian dengan hitungan yang benar. menemukan contoh ungkapan permintaan maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia. Menjelaskan makna ungkapan permintaan maaf yang ditemukan dari teks percakapan dengan bahasa sendiri Bermain peran dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata “maaf” . Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila keempat di sekolah. Menjelaskan variasi gerak berpindah dalam aktivitas senam lantai dan mempraktikkan variasi gerak berpindah dalam aktivitas senam lantai. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.


Beni anak yang baik.

Beni memiliki banyak teman.

Beni dan teman-teman bermain bersama.

Banyak permainan yang dimainkan bersama.

Seperti permainan gobak sodor, kasti, dan galah asin.

Juga drama kupu-kupu, dan egrang batok kelapa.

Beni dan teman-teman selalu mematuhi aturan permainan.

Perhatikan gambar berikut!
Bermain di Halaman
Pertanyaan : Apa yang sedang dilakukan oleh Beni dan teman-teman?
Jawaban : Beni dan teman-teman sedang bermain bersama.

Ayo Mengamati
Cermatilah gambar berikut!
Bermain di halaman
Ayo Membaca
Hari ini Beni masuk sekolah.

Bel istirahat berbunyi.

Beni dan teman-teman berhamburan keluar kelas.

Kemudian, Beni dan teman-teman bermain gobak sodor.

Permainan ini dilakukan di lapangan.

Ketika bermain, tanpa disengaja Beni menyenggol Udin.

Udin pun terjatuh. Beni dan teman-teman segera menolong Udin.

Beni merasa bersalah. Beni langsung meminta maaf ke Udin.

Udin pun memaafkan Beni.

Kemudian, Beni mengajak melanjutkan permainan.

Ulangi bacaan di atas! Jawablah pertanyaan berikut sesuai bacaan di atas!
1. Apa isi cerita di atas?
Cerita dia atas berisi tentang saling memaafkan tema
2. Sebutkan permainan yang dilakukan Beni danteman-teman.
Permainan gobak sodor
3. Kapan permainan itu dilakukan?
Permainan dilakukan saat beristirahat
4. Mengapa Beni meminta maaf kepada Udin?
Karena sudah menyenggol Udin dan membuatnya terjatuh
5. Apakah Udin memaafkan Beni?
Udin memaafkan Beni

Ayo Bermain Peran
Bacalah percakapan berikut!

Perankan bersama temanmu sesuai percakapan!

Lakukan dengan percaya diri!

Beni Menyenggol Udin
Ketika bermain, Beni tidak sengaja menyenggol Udin.

Udin:Maafkan saya, Udin. Saya tidak sengaja menyenggolmu ketika bermain tadi.”
Beni:“Tidak apa-apa Beni, saya sudah memaafkan.  Lain kali, hati-hati ya.”
Beni: “Lain kali saya akan berhati-hati. Oh ya,  bagaimana menurutmu permainan tadi?”
Beni:“Wah! Sangat menyenangkan sekali Ben. Kelompokmu dapat menang 2 kali.”
Beni:“Semoga besok dapat bermain lagi, ya.”.
.
Ayo Berlatih!
Sebutkan kesalahan yang pernah kamu perbuat!
Menabrak teman yang sedang membawa minuman sehingga membuat bajunya basah.
Kalimat maaf yang pernah kamu ucapkan.
Maaf teman, saya tidak sengaja melakukannya.

Bacalah kembali percakapan di atas! Jawablah pertanyaan berikut!
1. Sebutkan peristiwa yang terjadi.
Udin terjatuh karena disenggol Beni
2. Apa yang diucapkan Beni kepada Udin?
Beni meminta maaf kepada Udin
3. Mengapa Beni meminta maaf kepada Udin?
Karena sudah menyenggol dan membuat Udin terjatu
4. Siapa yang memaafkan?
Udin memaafkan Beni
5. Simpulan
Kamu telah melakukan kesalahan. Tindakan apa yang harus kamu lakukan?
Kalau bersalah harus minta maaf

Ayo Mengamati
Lani mempunyai pensil. Kemudian, Lani mengukurnya dengan penggaris. Panjang pensilnya adalah 8 cm.
Panjang Pensil
Selanjutnya, Lani mengukur tepi meja belajarnya. Lani mengukurnya dengan meteran. Panjang tepi meja belajarnya adalah 1 m.
Satuan untuk mengukur panjang benda ada 2 macam. Sentimeter dan meter. Sentimeter disingkat cm. Meter disingkat m. Satu meter sama dengan seratus sentimeter. Atau 1m = 100 cm
Ayo Berlatih
Kerjakan soal-soal berikut! Jawablah dengan tepat! Periksalah jawaban temanmu!
  1. Panjang pintu kamar 2 m. 2 m sama dengan 200 cm.
  2. Panjang bambu 400 cm. Panjang bambu tersebut sama dengan 4 m.
  3. Panjang halaman rumah 1.000 cm. 1.000 cm = 10 m

Ayo Berlatih!
Perhatikan gambar berikut!

Ukurlah panjang gambar benda-benda tersebut.

Gunakan penggaris untuk mengukurnya.

Urutkanlah benda-benda dari yang paling panjang.
Mengukur Panjang
  1. Tempat Tidur (200 cm / 2 m)
  2. Papan tulis (170 cm / 1,7 m)
  3. Meja (150 cm / 1,5 m)
  4. Lemari (100 cm / 1 m)
  5. Kursi (70 cm / 0,7 m)
  6. Pulpen (24 cm / 0,24 m)

Ayo Mengamati
Beni dan Udin biasa bermain gobak sodor. Permainan tersebut dilakukan ketika jam istirahat. Beni selalu berhasil memenangkan permainan. Beni mengekspresikannya dengan gerakan berikut.
Gerakan tari
Bentuklah kelompok bersama temanmu.

Rangkaikan gerakan-gerakan itu.

Ulangilah gerakan tersebut.

Berikan hitungan 1 2 3 4 5 6 7 8. 

Atau berikan iringan dengan lagu agar menjadi sebuah gerakan tari.

Bacalah dengan suara nyaring!

Sekarang adalah jam pelajaran olahraga. Beni dan teman-temannya bermain bola kasti. Permainan ini dilakukan di lapangan. Permainan sedang berlangsung. Beni melemparkan bola ke arah Lani.

Beni:“Lani, ayo tangkap bola operanku.”
Lani:“Aduh!” (operan Beni terlalu kuat. Akhirnya, mengenai kepala Lani)
Beni: “Maaf Lani, saya terlalu kuat melemparnya.
Lani:“Tidak apa-apa Beni. Aku juga kurang siap menangkap operanmu."
Beni:“Terima kasih Lani. Aku berjanji lain kali akan lebih hati-hati saat mengoper bola.”
Lani:“Ya... Beni. Ayo, lanjutkan permainan ini.”.

Ayo Berlatih
Buatlah kartu pertanyaan! Pertanyaan tentang percakapan di atas. Tukarkan kartumu dengan kartu temanmu!Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan:
Mengapa Beni meminta maaf kepada Lani?
Jawaban teman:
Karena Beni tidak sengaja mengoper bola mengenai kepala Lani.

Ayo Bermain Peran
Bacalah percakapan berikut dengan nyaring!

Beni:“Dayu, bolehkah saya pinjam penggarismu? sebentar saja.”
Dayu:“Maaf, Beni. Penggarisku sedang digunakan Lani. Coba saja pinjam ke Lani.”
Beni:“Baiklah, aku akan coba pinjam ke Lani. Terima kasih Dayu.”
Dayu:“Sama-sama Beni.”

Ayo Menulis
Masih ingatkah percakapan Beni dan Lani? Tuliskan isi percakapan tersebut! Sesuaikan dengan ejaan dan bahasa Indonesia yang tepat!
Percakapan diatas berisi tentang Beni meminta maaf kepada Lani karena Beni tidak sengaja mengoper bola mengenai kepala Lani
Percakapan

Ayo Menulis
Perhatikan gambar di atas! Perilaku di atas sesuai sila keempat Pancasila. Bagaimana bunyinya? Tuliskan sila tersebut pada kolom berikut!
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan perwakilan.

Ayo Mengamati
Beni senang bekerja bakti.

Kerja bakti merupakan gotong royong.

Setiap bulan Beni ikut kerja bakti.

Kerja bakti bersama warga di lingkungan rumahnya.

Jadi, setiap bulan Beni ikut gotong royong.

Ayo Bercerita
Pernahkah kamu melakukan gotong royong? Tuliskan pengalamanmu pada kolom berikut. Ceritakan di depan teman-temanmu!

Pengalamanku Bergotong Royong
Saya pernah melakukan kegiatan gotong royong di sekolah yaitu membersihkan kelas. Kami menyapu kelas, menghapus papan yang kotor, mengepel lantai, menata meja dan kursi serta membuat hiasan dinding. Semuanya dilakukan dengan bergotong royong supaya pekerjaan cepat selesai. Kelas pun bersih. Suasana belajar jadi menyenangkan.

Ayo Mengamati
Amati gambar berikut!
Pemanasan

Ayo Berlatih
Pernahkah kamu berolahraga? Buatlah pertanyaan tentang olahraga! Sampaikan pertanyaanmu kepada temanmu!
Pertanyaan: Apa olahraga kesukanmu?
Jawaban teman: Saya senang bermain sepak bola.

Ayo Berlatih
Ayo, lakukan gerakan berikut!
Gerakan Senam

Ayo Bercerita
Pernahkah kamu olahraga di rumah? Tuliskan cerita tentang olahraga yang dilakukan di rumah. Ceritakan hasilnya kepada teman-temanmu!
Aku pernah berolahraga di rumah bersama ayah. Kami bermain sepak bola. Sebelum bermain, ayah menyuruhku melakukan pemanasan terlebih dahulu. Ayah memberi petunjuk gerakan pemanasan yang dilakukan. Kita harus melakukan pemanansan terlebih dahulu. Supaya tubuh tidak cidera. Setelah melakukan pemanasan, kami bermain sepak bola. Olahraga terasa menyenangkan dan membuat tubuh lebih segar

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah pembelajaran mempelajari tentang mendengarkan dan bermain peran teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik. Menentukan konversi satuan panjang ( cm, m) dan mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misal: cm, m). Mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian dengan hitungan. Dengan mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian dengan hitungan, siswa dapat melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam tarian dengan hitungan yang benar. menemukan contoh ungkapan permintaan maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia. Menjelaskan makna ungkapan permintaan maaf yang ditemukan dari teks percakapan dengan bahasa sendiri Bermain peran dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata “maaf” . Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila keempat di sekolah. Menjelaskan variasi gerak berpindah dalam aktivitas senam lantai dan mempraktikkan variasi gerak berpindah dalam aktivitas senam lantai

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…


Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bilangan pecahan

Materi ajar Kamis 25 maret 2021

Materi ajar 13 november 2020