MATERI AJAR, JUMAT 13 JANUUARI 2023
MATERI PEMBELAJARAN
Hari/ Tanggal : Jum’at, 13 Januari 2023
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema 2 : Pengalamanku di Sekolah
Pembelajaran : 6
PEMBUKAAN (10 menit)
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu pengalamanku. Dalam pembelajaran ini ibu berharap kalian bisa membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat). Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan). Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Menuliskan isi puisi anak tentang lingkungan dengan ejaan yang tepat. Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilainilai Pancasila sila ketiga di sekolah. Menentukan konversi satuan panjang (cm, m). Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m).
INTI (115 menit)
Beni anak yang pintar. Beni ditunjuk sekolah
mengikuti lomba. Lomba tingkat nasional.
Beni mengikuti lomba baca puisi. Beni membaca
puisi dengan tema “Alam.”
Puisinya berjudul “Kunang-Kunang.”
Bacalah puisi berikut!
Gunakan lafal, intonasi, dan ekspresi!
Simaklah pembacaan puisi temanmu!
Berikan pendapatmu! Tepatkah lafal, intonasi, dan ekspresinya?
Simaklah pembacaan puis
Perhatikan kata-kata berikut! Apa makna katakata tersebut?
Diskusikan dengan temanmu!
Temukan kata-kata di atas dalam kolom berikut!
Dengarkan petunjuk gurumu! Kemudian, kerjakan latihannya.
Amati gambar berikut!
Gambar kunang-kunang yang sedang terbang.
Kunang-kunang terbang di malam hari.
Kunang-kunang tampak seperti bintang berkelap-kelip
Sudahkah kamu amati gambar di atas? Buatlah pertanyaannya!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan: ...............................................................
Jawaban teman: .......................................................
Coba tulis sebuah puisi tentang kunang-kunang!
Gunakan bahasamu sendiri!
Akhirnya, Beni mengikuti lomba. Beni sebagai wakil
dari sekolah. Peserta lomba dari berbagai sekolah.
Sekolah-sekolah dari seluruh daerah di Indonesia.
Warna kulit peserta berbeda.
Agama peserta juga berbeda.
Bahasa peserta juga berbeda.
Perbedaan warna kulit, agama, dan bahasa
merupakan anugerah. Kamu tidak boleh membeda-bedakannya.
Inilah contoh sesuai sila ketiga Pancasila.
Terapkan sikap sila ketiga Pancasila dalam kehidupanmu.
Coba ceritakan sikap tersebut!
Kemudian, Beni dan teman-teman belajar
Matematika. Ayo berlatih Matematika.
Amati lima jari temanmu!
Ukur panjang jari temanmu!
Catat hasil pengukuranmu! Tuliskan pada kolom yang tersedia.
Tuliskan hasilnya pada titik-titik berikut! Ubah ke dalam satuan meter (m)!
1. ... cm = ... m
2. ... cm = ... m
3. ... cm = ... m
4. ... cm = ... m
5. ... cm = ... m
PENUTUP (15 menit)
KESIMPULAN HARI INI :
- Membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat).
- Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan).
- Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan.
- Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan.
- Menuliskan isi puisi anak tentang lingkungan dengan ejaan yang tepat.
- Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.
- Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilainilai Pancasila sila ketiga di sekolah.
- Menentukan konversi satuan panjang (cm, m).
- Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m).
Komentar
Posting Komentar