MATERI AJAR, SELASA 17 JANUARI 2023

 MATERI PEMBELAJARAN

 

Hari/ Tanggal : Selasa, 17 Januari 2023

Tema 5                  : Pengalamanku

Subtema 3      : Pengalamanku di Tempat Bermain

Pembelajaran : 3

 


PEMBUKAAN (10 menit)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu pengalamanku dengan tujuan pembelajaran yaitu kalian mampu Menulis kalimat/ungkapan permintaan maaf. Bermain peran dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan. Menentukan konversi satuan panjang (cm, m). Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misal: cm, m). Mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian menggunakan pola lantai. Melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian menggunakan pola lantai. Mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam tarian sesuai dengan iringan musik. Melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam tarian sesuai dengan iringan musik.


INTI (80 menit)

Bacalah percakapan berikut! Kamu harus membaca dengan teliti.

 








 



Tulislah ungkapan maaf. Ungkapan yang pernah kamu ucapkan.

 


 






Buatlah percakapan antara Beni dan Dayu.

Percakapan tentang permintaan maaf.

Beni meminta maaf kepada Dayu. Karena Beni 

tidak dapat hadir pada ulang tahun Dayu. Beni juga

mengatakan alasannya.

Dayu pun memaafkan Beni.

 









Peragakan percakapan tersebut di depan kelas!

Beni, Dayu, dan teman lain akan bermain.

Mainan rangku alu. Permainan ini berasal dari

Nusa Tenggara Timur. Secara nasional rangku alu

disebut tongkat bambu. Untuk bermain rangku

alu, membutuhkan empat batang tongkat bambu.

Ukurannya sama panjang.

Beni pun mengukur panjang bambu. Panjang

bambu diukur dengan meteran atau penggaris.

Meteran dan penggaris adalah alat ukur panjang

benda. Meteran dan penggaris adalah ukuran baku.

Dayu membantu Beni mengukur panjang.




 











1. Beni memiliki bambu berukuran 4 m. Beni

    memotong bambu sepanjang 200 cm. Berapa

    meter sisa bambu yang telah dipotong?


2. Ani memiliki pita merah sepanjang 1 m. Pita

    tersebut dipotong 80 cm. Potongan pita ini

    untuk menghiasi kado ulang tahun. Berapa

    sentimeterkah sisa pita Ani?


Bentuklah kelompok kecil di kelasmu.

Coba cari 3 benda yang ada di kelasmu. Ukurlah 3

benda tersebut dengan meteran.

Catat hasil pengukuranmu di buku. Bandingkan

panjang ketiga benda dari hasil pengukuranmu.




 

Buatlah laporan secara tertulis. Laporan kegiatan 

mengukur tiga benda di kelasmu.

Bacalah laporanmu di depan kelas!

Bel tanda akhir pelajaran berbunyi.

Beni dan temannya berdoa untuk pulang. 

Sampailah Dayu di rumah.

Kemudian, Dayu ke belakang rumah.


Di belakang rumahnya ada pohon cemara.

Pohon cemara terlihat ditiup angin. Pohon cemara 

bergoyang ke kiri dan ke kanan.

Gerakannya terlihat sangat indah.


 


 




Perhatikan gambar di atas!

Buatlah pertanyaan sesuai gambar di atas! 

Tukarkan dengan teman sebangkumu.


Jawab pertanyaan tersebut dengan benar!

Pertanyaan: ...............................................................

Jawaban teman: ........................................................


Kamu telah mencermati gambar di atas. Pohon

cemara yang tertiup angin. Gerakannya ke kiri dan

ke kanan. Ayo, tirukan gerakannya.





 

  










Coba kamu peragakan gerakan seperti Dayu.

Lakukan dengan hitungan 1 2 3 4 5 6 7 8.

Gabungkan dan lakukan gerakan tersebut secara berulang.



 


Nyanyikan lagu berikut! Bernyanyi sambil

peragakan gerakan pohon cemara.

Peragakan gerakan tersebut dengan pola. Polanya

adalah lantai lurus dan segitiga.




PENUTUP (15 menit)

Hari ini kita telah belajar 

  • Menulis kalimat/ungkapan permintaan maaf. 
  • Bermain peran dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan. 
  • Menentukan konversi satuan panjang (cm, m). 
  • Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misal: cm, m). 
  • Mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian menggunakan pola lantai. 
  • Melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian menggunakan pola lantai. 
  • Mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam tarian sesuai dengan iringan musik. 
  • Melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam tarian sesuai dengan iringan musik.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

bilangan pecahan

Materi ajar Kamis 25 maret 2021

Materi ajar 13 november 2020