MATERI AJAR SENIN 9 JANUARI 2023
MATERI
PEMBELAJARAN
Hari/ Tanggal : Senin, 09
Januari 2023
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema
2 : Pengalamanku di
Sekolah
Pembelajaran :
1
& 2
PEMBUKAAN (10 menit)
Bismillah..
Assalamu’alaikum anak sholih
dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masha allah sehat semua ya sayang.
Alhamdulillah kita bertemu lagi di hari Senin ya Nak…
Bagaimana semangatnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Yuukk.. sebelum memulai pelajaran, kita berdoa
terlebih dahulu ya Nak..
Alhamdulillah…
Sekarang, Ibu guru mau mendengar kalian menyanyikan
lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?
1… 2… 3….
Masya Allah… anak-anak hebat
Ibu guru!
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita
pada semester 2 tema 5 yaitu pengalamanku kemari kalian telah belajar tentang Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam. Membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat). Mengoreksi
kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan
ekspresi yang diungkapkan). Menuliskan isi
puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat. Menunjukkan
contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila
ketiga di rumah. Mengenal satuan baku untuk mengukur
panjang. Memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur
panjang benda yang diukur.
Hari ini kalian akan melanjutkan
pembelajarn dengan tujuan pembelajaran dapat Mengidentifikasi
bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami. Mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta tolong
sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat
Indonesia. Menentukan konversi satuan panjang (cm,
m).
Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering
digunakan (misalnya dan cm, m).
Yuukk,
sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…
Kon-sen-tra-si!
Konsentrasi
dimulai!
INTI (80 menit)
Amatilah gambar berikut!
Liburan semester 1 telah
berakhir.
Beni
dan teman-temannya kembali ke sekolah.
Apa yang dilakukan Beni? Apa
yang dilakukan
teman-temannya?
Pernahkah
kamu melakukannya?
Beni dan teman-temannya mendapat
tugas. Tugas
ini dilakukan saat liburan. Apa
tugasnya? Tugasnya
menghias
vas bunga.
Amatilah gambar berikut!
Sebutkan
bahan untuk membuat hiasan vas bunga.
Biji-bijian untuk menghias vas
bunga.
Sebutkan
biji-bijian yang digunakan.
Tuliskan bahan untuk menghias vas bunga!
Kamu sudah mengetahui bahan
untuk menghias vas bunga.
Sediakan bahan tersebut. Juga
sediakan lem dan sarung tangan.
Pilihlah pola hiasan seperti gambar berikut!
Beni bekerja secara kelompok.
Kelompoknya Beni
sedang membuat hiasan vas bunga.
Beni dan kelompoknya berdiskusi.
Diskusi untuk
menyelesaikan tugasnya.
Dengarkan gurumu membacakan
percakapan Beni!
Buatlah pertanyaan sesuai teks
percakapan!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan:
...............................................................
Jawaban
teman: ........................................................
Jawablah pertanyaan berikut!
Jawaban berdasarkan percakapan
Beni.
1. Apa yang dilakukan Beni
bersama temantemannya?
Jawab:
................................................................
2. Siapa yang berniat membantu
Meli?
Jawab:
................................................................
3. Apa yang ditanyakan Beni
kepada Dayu?
Jawab:
................................................................
4. Beni telah meminta tolong
kepada Dayu. Apa
yang dikatakan Beni?
Jawab:
................................................................
5. Apa arti perkataan Dayu
terhadap Beni?
Jawab:
................................................................
Kelompok Beni saling
tolong-menolong.
Tolong-menolong ketika membuat
hiasan vas
bunga. Kelompok Beni selesai
mengerjakan tugas.
Kegiatan
dilanjutkan mengukur panjang benda
Amatilah gambar berikut!
Adakah benda-benda seperti
gambar?
Ukurlah panjang benda tersebut!
Tuliskan hasilnya di samping gambar!
Ubahlah ke dalam satuan meter
(m)!
1. ..... cm = ..... m
2. ..... cm = ..... m
3.
..... cm = ..... m
Beni dan teman-temannya
melakukan gotong-
royong. Gotong royong ini
dilakukan di sekolah.
Siti menyapu halaman.
Dayu menyiram bunga. Edo
mengelap kaca.
Beni
membantu guru memajang kaligrafi.
Perhatikan percakapan di atas!
Kemudian,
jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa yang akan dilakukan Beni?
Jawab: ................................................................
2. Siapa yang ingin menolong Bu
Guru?
Jawab:
................................................................
3. Sebutkan alat yang digunakan
untuk kerja gotong
royong!
Jawab: ................................................................
4. Tuliskan contoh ungkapan
minta tolong!
Jawab:
................................................................
5. Jelaskan makna ungkapan minta
tolong dari teks
di atas!
Jawab:
................................................................
Praktikkan teks percakapan di
atas! Bacalahdi hadap
an teman-temanmu!
Buatlah pertanyaan sesuai gambar
di atas!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan: ...............................................................
Jawaban teman:
........................................................
Gotong royong telah selesai
dilaksanakan.
Kemudian, Beni dan
teman-temannya berolahraga.
Beni berjinjit dengan satu kaki.
Cobalah gerakan tersebut. Coba
lakukan di
halaman sekolahmu.
Tuliskan cara melakukan
gerakannya.
Lakukan juga gerakan
seperti berikut!
Pernahkah kamu melihat
kaligrafi?
Kaligrafi dapat mengingatkanmu
kepada Tuhan.
Mengingat Tuhan dapat juga
dilakukan dengan berdoa.
Berdoa merupakan perilaku yang
sesuai sila pertama Pancasila.
Perhatikan gambar berikut!
Berikan centang (_) yang menunjukkan sila pertama Pancasila!
Kamu pasti pernah melakukan
sikap yang baik.
Sikap yang sesuai sila pertama
Pancasila.
Coba ceritakan pengalamanmu!
PENUTUP (15 menit)
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah
kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah pembelajaran dapat Mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi
dengan bahan alami. Mendengarkan
teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta tolong sebagai cermin
hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat
Indonesia. Menentukan konversi satuan panjang (cm,
m).
Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering
digunakan (misalnya dan cm, m).
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan
perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi
anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa
kita tepuk jari terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama
keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Komentar
Posting Komentar