MATERI AJAR , KAMIS 12 JANUARI 2023

 MATERI PEMBELAJARAN

 

Hari/ Tanggal : Kamis, 12 Januari 2023

Tema 5                  : Pengalamanku

Subtema 2              : Pengalamanku di Sekolah

Pembelajaran : 5

 


PEMBUKAAN (10 menit)

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu pengalamanku. Dalam pembelajaran ini ibu berharap kalian bisa menjelaskan variasi gerak dalam aktivitas senam lantai. Mempraktikkan variasi gerak keseimbangan dan putaran dalam aktivitas senam lantai. Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilainilai Pancasila sila kedua di sekolah. Membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat). Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan.

Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…

Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!


INTI (115 menit)

Beni telah mahir menulis puisi.

Sekarang, Beni akan mengikuti lomba 

menggambar. Lomba menggambar layang-layang.

Lomba dilakukan dengan adil. Adil sesuai rentang 

waktu yang ditetapkan.

 










Apa yang sedang dilakukan Udin?

Benar, Udin sedang bermain estafet bola. Udin

memutar badan ke samping. Udin bermain bersama temannya.

 

Amati gambar di atas! Buatlah pertanyaan sesuai gambar! 

Mintalah temanmu menjawabnya!

Pertanyaan: ...............................................................

Jawaban teman: .......................................................


Beni dan teman-temannya akan berolahraga.

Olahraga seperti berikut!

 




Perhatikan gambar berikut!

Lakukan bersama teman-temanmu!

Lakukan dengan bimbingan gurumu!

 


Badan dapat diputar ke samping kiri dan kanan.

Coba lakukan gerakan itu! Hati-hati dalam

melakukan gerakan tersebut.

Kemudian, bermainlah estafet bola. Caranya dengan gerakan memutar badan.

Perhatikan gambar berikut!

 







Bagaimana perasaanmu setelah bermain estafet bola?

Ceritakan pengalamanmu bermain estafet bola!

Tim Edo terdiri atas anak laki-laki. Tim Beni ada anak perempuannya.

Berikanlah kesempatan yang sama untuk anak perempuan.

Sikap di atas sesuai sila kedua Pancasila.


Perhatikan gambar berikut!

Berikan centang (_) yang sesuai sila kedua Pancasila!

 



 



Perhatikan gambar berikut!

Beni memberi kesempatan sama untuk anak 

perempuan. Beni bersyukur dapat saling

kenal. Juga kenal dengan anak perempuan.

 


 




Ceritakanlah pengalamanmu! Pengalaman di sekolah sesuai sila kedua Pancasila!

 





Coba tuliskan pengalamanmu! Pengalaman di rumah sesuai sila kedua Pancasila. Tuliskan pada kolom berikut!






 

 

 









Simaklah temanmu saat membacanya!

Berikan tanggapanmu. Gunakan bahasa yang sopan.

 




Perhatikan kata-kata berikut!

Diskusikan maknanya  dengan temanmu!

 

Kerjakanlah latihan berikut!

Cermati kata-kata dalam kotak sebelah kiri.

Susunlah huruf pada kotak sebelah kanan.

Kamu akan menemukan maknanya



 

 








Perhatikan kolom berikut!

Temukan kata-katanya seperti di atas.

Ikuti petunjuk gurumu sebelum mengerjakan.

 







PENUTUP (50 menit)

Kesimpulkan Pelajran hari ini  adalah :

  • menemukan kosakata baru yang terdapat menjelaskan variasi gerak dalam aktivitas senam lantai. 
  • Mempraktikkan variasi gerak keseimbangan dan putaran dalam aktivitas senam lantai. 
  • Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila. 
  • Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilainilai Pancasila sila kedua di sekolah. 
  • Membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat). 
  • Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. 
  • Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bilangan pecahan

Materi ajar Kamis 25 maret 2021

Materi ajar 13 november 2020