MATERI AJAR, KAMIS 26 JANUARI 2023
MATERI PEMBELAJARAN
Hari/ Tanggal : Kamis, 26 Januari 2023
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema 4 : Pengalamanku di Tempat Wisata
Pembelajaran : 5
PEMBUKAAN
Bismillah..
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu pengalamanku. Dalam pembelajaran ini tujuan pembelajaran Dengan mengamati gambar kalian dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilainilai Pancasila sila keempat di rumah. Menjelaskan variasi gerak mendarat dalam aktivitas senam lantai. Mempraktikkan variasi gerak mendarat dalam aktivitas senam lantai. Menemukan contoh ungkapan minta tolong sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia yang terdapat pada teks percakapan. Menjelaskan makna ungkapan minta tolong yang ditemukan dari teks percakapan dengan bahasa sendiri. Bermain peran dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata “tolong” untuk hidup rukun dalam kemajemukan.
INTI
Beni pergi ke Papua bersama Edo.
Keluarganya bermusyawarah. Akhirnya, keluarga
sepakat pergi ke Raja Ampat.
Musyawarah merupakan contoh sikap yang baik.
Karena sesuai sila keempat Pancasila.
Buatlah pertanyaan tentang teks percakapan!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan: ...............................................................
Jawaban teman: ........................................................
Diskusikan bersama temanmu! Contoh sikap yang
baik! Sikap yang sesuai sila keempat Pancasila di
tempat wisata!
Tuliskan hasil diskusimu!
Tuliskan di dalam bagan berikut!
Bagaimana hasil diskusimu?
Coba ceritakan pengalamanmu!
Pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila!
Apa gerak dasar dalam lomba? Terutama yang dilakukan Beni.
Gerak dasarnya adalah mendarat. Bagaimana caranya yang benar?
Perhatikan gambar berikut!
Lakukanlah sesuai arahan gurumu!
Edo meminta tolong kepada kakak sepupunya.
Kakaknya bernama Oridek. Oridek disuruh menjadi
juri. Bacalah teks percakapan berikut!
Edo : “ Bang, bolehkah meminta tolong? ”
Oridek : “ Boleh, meminta tolong apa, Dik? ”
Edo : “ Bang, Edo ingin berlomba lompat palang.
Apakah Abang mau menjadi jurinya?”
Oridek : “ Baiklah, kalau begitu. Bersiaplah untuk
menjadi pemenang! ”
Edo : “ Oke, Bang! Terima kasih ya, Bang ”
Diskusikan bersama teman sebangkumu! Diskusi
tentang makna ungkapan meminta tolong. Katakata ini dari
teks percakapan.
Ceritakan dengan kalimatmu sendiri!
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
kalian telah mengamati gambar kalian dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilainilai Pancasila sila keempat di rumah. Menjelaskan variasi gerak mendarat dalam aktivitas senam lantai. Mempraktikkan variasi gerak mendarat dalam aktivitas senam lantai. Menemukan contoh ungkapan minta tolong sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia yang terdapat pada teks percakapan. Menjelaskan makna ungkapan minta tolong yang ditemukan dari teks percakapan dengan bahasa sendiri. Bermain peran dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata “tolong” untuk hidup rukun dalam kemajemukan.
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Komentar
Posting Komentar