MATERI AJAR, RABU 25 JANUARI 2023
MATERI PEMBELAJARAN, Rabu, 25 Januari 2023
MATERI PEMBELAJARAN
Hari/ Tanggal : Rabu, 25 Januari 2023
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema 4 : Pengalamanku di Tempat Wisata
Pembelajaran : 3 & 4
PEMBUKAAN
Bismillah..
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu pengalamanku dengan tujuan pembelajaran yaitu Membaca indah puisi anak tentang alam. Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam. Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan. Menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat. Memecahkan masalah seharihari tentang satuan panjang. Menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjang. Mengidentifikasi cara menggunakan bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan. Membuat karya hiasan dengan bahan buatan. Mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta tolong. Bermain peran dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata “tolong” untuk hidup rukun dalam kemajemukan Memecahkan masalah sehari hari tentang satuan panjang. Menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjang. Mengidentifikasi langkahlangkah membuat karya hiasan dengan bahan buatan.
Membuat karya hiasan dengan bahan buatan
Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…
Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!
INTI
Beni bersama keluarga pernah berwisata.
Berwisata mengunjungi pulau Komodo.
Pulau Komodo berada di Kabupaten Manggarai
Barat. Kabupaten tersebut berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Di sana terdapat banyak komodo.
Komodo pemakan daging. Seperti daging kambing
atau daging unggas.
Perhatikan gambar di atas! Kemudian, buatlah
pertanyaannya!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan: ...............................................................
Jawaban teman: ........................................................
Nyanyikanlah lagu berikut! Lagu tentang “Desaku.”
Beberapa temanmu membaca liriknya. Lirik lagu
“ Desaku ” dibaca seperti puisi.
Simaklah temanmu membaca puisi!
Berikanlah pendapatmu!
Tepatkah lafal, intonasi, dan ekspresinya?
Diskusikan dengan temanmu! Apa makna katakata berikut?
Perhatikan kolom berikut! Temukan kata-kata di atas! Dengarkan petunjuk gurumu!
Coba tulis sebuah puisi! Puisi tentang Komodo.
Gunakan kalimatmu sendiri!
Kerjakan soal berikut dengan benar!
Panjang badan komodo 146 cm. Panjang ekor
komodo 152 cm. Berapa meter panjang badan
dan ekor komodo tersebut?
Komodo jantan panjangnya 314 cm. Komodo
betina panjangnya 298 cm. Berapa cm panjang
kedua komodo?
Anak komodo panjang badannya 63 cm. Ekornya
56 cm. Berapa meterkah panjang badan dan
ekor anak komodo?
Anak komodo jantan panjangnya 65 cm. Anak
komodo betina panjangnya 60 cm. Berapa
meterkah panjang kedua anak komodo?
Petugas penjaga komodo sedang memberi makan.
Makannya beberapa ekor ayam, itik, dan jenis
unggas lainnya.
Beni membuat jenis hewan dari kain flanel.
Coba lakukan seperti Beni.
Caranya mudah!
Langkah-langkahnya seperti berikut.
1. Sediakan pola hewan dengan kertas karton.
2. Buat pola pada kain flanel. Bentuklah seperti hewan.
3. Gunting kain flanel sesuai pola.
4. Tempelkan yang sudah digunting hingga membentuk hewan.
Contoh:
Beni tamasya ke Candi Borobudur.
Tamasya disebut juga study tour.
Beni meminta tolong pengunjung lain.
Beni meminta untuk difoto.
Apa yang dilakukan Beni?
Bagaimana cara melakukannya?
Gurumu akan membacakan teks percakapan.
Percakapan Beni bersama orang yang baru dikenal.
Dengarkan teks percakapan tersebut!
Sudahkah kamu mendengarkannya?
Teks percakapan yang disampaikan gurumu?
Buatlah pertanyaannya!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan: ...............................................................
Jawaban teman: ........................................................
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Sebutkan alat untuk memfoto.
Jawab: ................................................................
2. Bagaimana cara meminta tolong yang baik?
Jawab: ................................................................
3. Siapa yang meminta tolong?
Jawab: ................................................................
4. Mengapa orang mau menolongnya?
Jawab: ................................................................
5. Apa yang terjadi setelah berfoto?
Jawab: ................................................................
Gambar berikut menunjukkan sikap santun.
Sikap Beni kepada orang lain. Latihlah dirimu
menggunakan bahasa yang santun. Bahasa ketika
meminta tolong.
Lakukan bersama teman sebangkumu! Gunakan bahasamu sendiri!
Beni dan teman-teman telah selesai mengunjungi
Borobudur. Kemudian, melanjutkan membatik di
sekitar Candi.
Sebelum membatik, Beni mengukur panjang kain.
Panjang kain untuk dibatik. Panjang kain yang
dibatik berbeda-beda.
Perhatikan data berikut!
Data tentang panjang kain untuk membatik.
Siti dan Lani belum mendapatkan kain.
Kerjakanlah soal berikut!
Hitunglah berdasarkan data di atas!
Berapakah panjang kain Meli dan Edo jika
digabung? Hitunglah dalam satuan meter!
Setengah kain Beni diberikan kepada Siti.
Berapa meter panjang kain Beni dan Dayu?
Setengah kain Beni diberikan kepada Siti.
Berapa cm panjang kain Siti dan Udin?
Setengah kain Edo diberikan kepada Lani.
Berapa cm panjang kain Lani dan Meli?
Kain hasil membatik dibawa pulang.
Kain batik dijadikan bahan dasar hiasan. Hiasan
bingkai foto. Hal ini sebagai pengalamannya di
candi Borobudur.
Beni menghias bingkai foto dengan kain batik.
Coba lakukan seperti Beni.
Perhatikan langkah-langkahnya!
Contoh bingkai foto Beni. Foto ketika di candi
Borobudur. Bingkainya dihias dengan kain batik.
PENUTUP
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini?
kalian telah Membaca indah puisi anak tentang alam. Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam. Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan. Menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat. Memecahkan masalah seharihari tentang satuan panjang. Menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjang. Mengidentifikasi cara menggunakan bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan. Membuat karya hiasan dengan bahan buatan.
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Komentar
Posting Komentar